Comscore Tracker

5 Fakta Menarik Nasi Biryani, Olahan Nasi dari Asia Selatan

Sudah pernah coba?

Nasi biryani merupakan olahan nasi yang diolah bersama dengan berbagai jenis rempah khas yang membuat nasi ini memiliki warna kekuningan dan cita rasa yang gurih khas.

Selain itu, pengolahan nasi ini juga bersama dengan berbagai komponen lain seperti ayam, sayuran, udang, ikan, daging sapi, dan lain sebagainya tergantung kepada selera maupun budaya setempat.

Dibalik cita rasanya yang lezat, sudahkah kamu mengetahui fakta menarik seputar nasi biryani?

Untuk kamu yang penasaran mengenai fakta menarik seputar nasi biryani yang mampu menggugah selera makan, simak yuk apa saja!

1. Asal nasi biryani

5 Fakta Menarik Nasi Biryani, Olahan Nasi dari Asia Selatanthespruceeats.com

Nasi bercita rasa kaya rempah ini ternyata berasal dari daratan Asia Selatan khususnya India dan Pakistan. Namun pada beberapa negara seperti Malaysia dan Indonesia juga telah mengenal nasi biryani sebagai salah satu makanan lezat yang sering dikonsumsi meski dengan komponen yang sedikit berbeda dari negeri asalnya.

2. Asal nama biryani

5 Fakta Menarik Nasi Biryani, Olahan Nasi dari Asia Selatanarchanaskitchen.com

Asal usul dari nama biryani ternyata diambil dari kosa kata beryā pada bahasa Persia yang memiliki makna goreng atau panggang. Hal ini ternyata didasari oleh kebiasaan zaman dahulu yang mengolah beras dengan cara menggorengnya didalam minyak samin sebelum akhirnya direbus bersama dengan rempah-rempah khas hingga setengah matang.

Baca Juga: Jenis-jenis Olahan Nasi Biryani Paling Lezat yang Pernah Dibuat

3. Mirip dengan nasi kebuli

5 Fakta Menarik Nasi Biryani, Olahan Nasi dari Asia Selatanunileverfoodsolutions.co.id

Mungkin sebagian besar masyarakat Indonesia akan lebih mengenal nasi kebuli dibandingkan dengan nasi biryani. Nasi kebuli menunjukkan pengaruh budaya Arab pada hidangan lezat khas Indonesia.

Meski memiliki kemiripan dari segi penampilan, namun proses pengolahannya berbeda. Nasi biryani tidak perlu diaduk terus menerus dan didiamkan saja hingga bumbunya meresap, selain itu komponen teman makan untuk nasi kebuli dan nasi biryani cukup berbeda.

4. Sering dihidangkan untuk Lebaran

5 Fakta Menarik Nasi Biryani, Olahan Nasi dari Asia Selatanmarthastewart.com

Siapa yang menyangka ternyata nasi biryani dapat pula menjadi hidangan yang disuguhkan pada hari raya seperti lebaran Idul Fitri. Jenis yang sering disuguhkan adalah nasi briyani ayam yang memiliki cita rasa lezat yang khas. Menu ini tentu saja sangat cocok menjadi pilihan alternatif untuk berbincang bersama sanak keluarga dan kerabat.

5. Terdapat banyak jenis dari biryani

5 Fakta Menarik Nasi Biryani, Olahan Nasi dari Asia Selatanfortunefoods.com

Nasi briyani memang memiliki kepopuleran yang cukup tinggi akan eksistensinya, dilihat dari cukup banyaknya jenis yang dapat dipilih dari olahan nasi lezat ini. Sebut saja seperti jenis biryani hyderabad yang merupakan non-vegetarian karena terdapat banyak komponen daging di dalamnya, biryani Iran yang menggunakan daging kambing sebagai komponen pelengkap utama, dan tahiri yang merupakan jenis nasi biryani untuk para vegetarian.

Nah, 5 fakta menarik seputar nasi biryani di atas dapat menjadi informasi bagi kamu agar lebih mengenal makanan yang satu ini. Bagaimana menurutmu?

Baca Juga: 8 Hidangan Penutup Khas Lebaran Ala India yang Manis dan Lezat

Tresna Nur Andini Photo Community Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Saya adalah penulis biasa | Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You