Comscore Tracker

Gak Cuma Pengental, Ini 5 Fungsi Tepung Maizena yang Jarang Diketahui

Satu tepung dengan berbagai fungsi yang menarik

Berbicara tentang tepung, tentu kamu sudah mengenal ada beragam jenis tepung yang ada. Salah satu yang cukup populer digunakan adalah tepung maizena. Jenis tepung ini memang sering kali dikenal sebagai bahan untuk mengentalkan saus atau pun kuah pada makanan. Padahal, lebih dari itu ternyata tepung maizena punya fungsi yang lebih menarik.

Untuk kamu yang penasaran apa saja fungsi menarik dari tepung maizena yang dapat kamu manfaatkan di dapur, berikut lima daftarnya!

1. Memberikan sensasi juicy pada daging

Gak Cuma Pengental, Ini 5 Fungsi Tepung Maizena yang Jarang Diketahuisimplyrecipes.com

Kata siapa tepung maizena hanya digunakan untuk olahan saus dan berkuah saja? Kamu dapat menambahkan tepung maizena pada masakan yang terbuat dari daging.

Uniknya, tak hanya memberikan cita rasa yang berbeda, penambahan bahan ini sekaligus akan memberikan sensasi yang lebih juicy pada daging.

2. Menjaga gosong pada makanan

Gak Cuma Pengental, Ini 5 Fungsi Tepung Maizena yang Jarang Diketahuismoking-meat.com

Takut makanan yang kamu olah mudah gosong? Jangan khawatir sebab tepung maizena dapat menjadi solusi alternatif yang dapat kamu pilih. Tepung ini dapat kamu gunakan untuk melumuri bahan yang akan digoreng.

Selain akan lebih terasa lezat, makanan yang kamu olah pun akan aman dari gosong. Pastikan tetap memerhatikan selama waktu penggorengan, ya.

Baca Juga: Cooking 101: Apa Perbedaan Tepung Maizena dan Tepung Tapioka?

3. Merenyahkan makanan

Gak Cuma Pengental, Ini 5 Fungsi Tepung Maizena yang Jarang Diketahuiseriouseats.com

Tak sulit mendapatkan makanan dengan tekstur yang lebih renyah. Cukup dengan menggunakan tepung maizena sebagai pilihannya.

Tak hanya makanan yang digoreng, berbagai kue kering juga dapat menggunakan bahan ini untuk membantu dalam memberikan tekstur yang maksimal.

4. Mudah menyerap minyak

Gak Cuma Pengental, Ini 5 Fungsi Tepung Maizena yang Jarang Diketahuiseriouseats.com

Kelebihan lainnya yang ditawarkan dari fungsi tepung maizena adalah kebolehannya dalam menyerap minyak dengan cepat. Kamu tak perlu khawatir olahan yang kamu buat akan berminyak bila menggunakan bahan yang satu ini. Tentunya ini juga akan semakin membuat waktu memasakmu menjadi lebih efektif.

5. Bahan untuk membuat bubur bayi

Gak Cuma Pengental, Ini 5 Fungsi Tepung Maizena yang Jarang Diketahuiarchanaskitchen.com

Tidak hanya makanan untuk orang dewasa yang menggunakan tepung maizena. Beberapa jenis bubur bayi juga banyak menggunakan jenis tepung yang satu ini. Fungsi utamanya bisa untuk mengentalkan sehingga makanan bayi pun dapat lebih halus dan mudah dikonsumsi.

Nah, beberapa fungsi lain dari tepung maizena di atas semoga dapat menjadi ide menarik untuk kamu coba. Sudah pernah mencobanya?

Baca Juga: Resep Apel Cokelat Goreng Tepung ala Yummy yang Manis dan Renyah 

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya