Comscore Tracker

5 Manfaat Air Kelapa Muda untuk Masakan di Rumah, Bikin Makin Lezat!

Air kelapa muda gak cuma untuk diminum langsung, lho

Jika harus menjabarkan kegunaan dari pohon kelapa, mungkin salah satu yang paling kita ingat adalah bagian buahnya. Memang buah kelapa tak prduli berapapun usianya tetap dimanfaatkan sebagai bahan untuk olahan khususnya.

Berbeda dengan kelapa tua yang pada umumnya lebih sering dimanfaatkan sebagai bahan masakan di bidang kuliner, kelapa muda cenderung lebih sering dikonsumsi secara langsung airnya. Namun, tahukah kamu bahwa air kelapa muda justru bermanfaat untuk masakan, lho. 

Bila kamu ingin cita rasa dari masakanmu semakin lezat untuk disantap, kamu harus mengenal beberapa fungsi dan kegunaan dari air kelapa muda untuk makanan. Simak yuk! 

1. Penghilang aroma amis untuk daging sapi atau daging ayam

5 Manfaat Air Kelapa Muda untuk Masakan di Rumah, Bikin Makin Lezat!wtxl.com

Kamu sering mengeluhkan aroma daging yang amis dan tak hilang ketika dimasak? Mungkin ada yang salah ketika proses pemasakannya.

Cara untuk mengembalikan aroma yang ada agar lebih harum dan tidak amis adalah dengan merendam daging di dalam air kelapa muda.

Untuk daging sapi, kamu mungkin memerlukan waktu sekitar 30 menit hingga meresap sempurna. Sementara daging ayam cukup membutuhkan kurang lebih 2 menit saja. 

2. Memberikan rasa manis yang alami

5 Manfaat Air Kelapa Muda untuk Masakan di Rumah, Bikin Makin Lezat!taste.com.au

Merebus makanan dengan menggunakan air? Mungkin hal ini sudah cukup umum dan biasa. Cobalah ide lainnya dengan mengganti air rebusan dengan air kelapa muda yang segar.

Olahan yang dimasak akan menghasilkan sensasi cita rasa yang sangat kaya dengan perpaduan rasa manis yang pas serta tidak berlebihan. 

Baca Juga: 5 Kondisi Tubuh yang Tidak Diperbolehkan Mengonsumsi Air Kelapa Muda

3. Membantu daging menjadi lebih empuk

5 Manfaat Air Kelapa Muda untuk Masakan di Rumah, Bikin Makin Lezat!splendidtable.org

Mengolah daging memang seakan membutuhkan teknik khusus agar hasilnya dapat matang dengan sempurna dan tidak meninggalkan kesan alot ketika dikonsumsi. Untuk menyiasati daging yang alot, maka kamu dapat menggunakan air kelapa muda sebagai solusi terbaiknya.

Air kelapa muda dapat menjadi bahan rendaman dari daging. Cukup hanya dengan merendam daging di dalam air kelapa muda selama kurang lebih 15-30 menit, maka daging juga dapat empuk secara merata. 

4. Memberikan sensasi gurih pada makanan

5 Manfaat Air Kelapa Muda untuk Masakan di Rumah, Bikin Makin Lezat!unileverfoodsolutions.co.id

Bosan dengan olahan yang menggunakan santan sebagai bahan pelengkapnya? Coba mulai inovasi terbaru dalam memasak dengan cara mengganti peran santan dengan menggunakan air kelapa muda. Cara yang satu ini cocok bila diaplikasikan dengan menu-menu seperti opor, sayur lodeh, dan lain sebagainya. Cita rasanya akan lebih gurih dan dijamin semakin memikat hati. 

5. Menambah aroma pada setiap masakan

5 Manfaat Air Kelapa Muda untuk Masakan di Rumah, Bikin Makin Lezat!baliandbeyond.co.id

Tidak ada salahnya bila kamu mulai mengaplikasikan air kelapa muda di setiap masakan yang akan diolah. Air kelapa muda akan secara otomatis membantu dalam menghasilkan aroma memikat dan harum dari masakan yang diolah.

Tentunya aroma inilah yang tidak hanya akan membuat masakanmu semakin berwarna, namun juga dapat memberikan sensasi tersendiri ketika mencicipinya.

Nah, beberapa kegunaan dan fungsi dari air kelapa di atas dapat menjadi ide menarik untuk kamu coba pada berbagai masakan yang akan dibuat. Yuk, mulai masak! 

Baca Juga: Resep Membuat Kue Kelapa ala Yummy, Teman Terbaik buat Ngopi

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya