Comscore Tracker

5 Teknik Memotong yang Harus Kamu Ketahui, Bak Koki Profesional!

Dari yang dasar hingga yang membutuhkan ketelitian 

Memasak merupakan aktivitas yang tak hanya memerlukan kesabaran, namun juga kemampuan. Ada beragam hal yang patut diperhatikan selama proses memasak, seperti durasi, bahan makanan, teknik pengolahan, bahkan hingga hal sederhana seperti teknik memotong.

Meski sering dianggap sepele, padahal teknik memotong sangat penting lho untuk menunjang penampilan pada masakan, serta membantu dalam mengeluarkan aroma dari bahan makanan tersebut. 

Untuk kamu yang penasaran apa saja teknik memotong yang tepat bak koki profesional, berikut lima daftarnya! 

1. Slice

5 Teknik Memotong yang Harus Kamu Ketahui, Bak Koki Profesional!greatbritishchefs.com

Teknik memotong yang satu ini dapat dikatakan sebagai cara yang paling dasar. Teknik yang juga dikenal dengan istilah mengiris ini memang merupakan yang paling mudah sebab kamu hanya perlu mengiris secara horizontal dengan ketipisan yang dapat disesuaikan dengan selera masing-masing.

Pada umumnya, sayuranlah yang sering digunakan teknik memotong ini. Sebut saja seperti wortel, timun, atau bahkan bawang. 

2. Jardiniere

5 Teknik Memotong yang Harus Kamu Ketahui, Bak Koki Profesional!YouTube/International Culinary Center

Salah satu teknik yang paling populer dan mudah ditemukan adalah jardiniere. Teknik ini memadukan potongan sayur yang berbentuk vertikal memanjang. Selain itu, bentuknya mirip seperti balok dengan panjang sekitar 3cm.

Biasanya jenis bahan makanan seperti kentang, wortel, atau lobaklah yang paling umum menggunakan teknik memotong seperti ini. Selain itu, teknik memotong ini pada umumnya digunakan untuk membuat sayuran pendamping olahan steak. 

Baca Juga: 5 Tips Food Preparation Ini Bikin Kamu Gak Malas Lagi buat Masak

3. Chiffonade

5 Teknik Memotong yang Harus Kamu Ketahui, Bak Koki Profesional!themom100.com

Teknik memotong yang satu ini memang memerlukan kesabaran dan ketelitian dalam menentukan ketebalan. Bentuknya yang tipis melintang membuat teknik memotong ini sangat cocok untuk menu-menu seperti salad, sup, atau gorengan.

Caranya cukup mudah karena kamu hanya perlu menggulung bahan dan memotongnya perlahan hingga membentuk irisan yang melintang. Biasanya bahan-bahan seperti seledri, kol, dan sawi yang banyak menggunakan teknik ini. 

4. Minced

5 Teknik Memotong yang Harus Kamu Ketahui, Bak Koki Profesional!seriouseats.com

Teknik memotong yang satu ini sebetulnya mirip dengan choped. Namun, perbedaan yang jelas terlihat adalah ketebalan yang digunakan. Teknik memotong ini benar-benar membuat bahan makanan menjadi potongan yang sangat kecil atau dapat dikatakan halus.

Biasanya bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, dan bahan lainnya yang menggunakan teknik ini agar aromanya dapat menguar saat ditumis nanti. 

5. Wedges

5 Teknik Memotong yang Harus Kamu Ketahui, Bak Koki Profesional!YouTube/Penguin Adventures

Istilah wedges mungkin paling sering kamu temukan di olahan seperti kentang. Menu tersebut diberi nama demikian karena memang menggunakan teknik memotong bernama wedges. Teknik ini tak hanya digunakan untuk kentang saja karena tomat, buah apel, dan pir juga menggunakan teknik serupa. Bentuk memotongnya mirip dengan bulan sabit dengan ketebalan yang lumayan. 

Nah, beberapa teknik memotong di atas dapat menjadi informasi untukmu agar semakin handal dalam aktivitas memasak. Mana yang paling sering kamu gunakan? 

Baca Juga: 6 Alat Masak Utama yang Harus Ada di Dapur, Masakan Jadi Maksimal!

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya