Comscore Tracker

5 Tips Cermat Memilih Tahu Untuk Memasak Agar Tetap Segar

Waspadai zat-zat kimia di dalamnya ya! 

Tahu atau tofu cukup populer bagi masyarakat Indonesia sebagai salah satu lauk pendamping yang biasanya disajikan. Ada banyak jenis tahu yang digunakan sebagai makanan, contohnya tahu putih dengan ukuran kecil dan besar, tahu kuning, dan tahu cokelat.

Umumnya tahu cokelat digunakan sebagai bahan dalam pembuatan tahu isi atau gorengan, sementara tahu putih dan tahu kuning merupakan makanan yang biasa disajikan di rumah.

Untuk kamu penggemar tahu, sudahkah kamu mengetahui bagaimana cara memilih tahu yang sehat dan segar untuk dikonsumsi berikut ini?

1. Periksa konsistensi dari tahu

5 Tips Cermat Memilih Tahu Untuk Memasak Agar Tetap Segarlowcarb-vegan.net

Hal pertama yang dapat kamu lakukan adalah memeriksa konsistensi dan kekenyalan dari tahu yang akan dibeli. Tahu dengan kondisi dan kualitas yang baik biasanya akan mudah hancur atau rapuh apabila ditekan menggunakan tangan, sementara tahu berformalin relatif lebih kenyal dan keras meski ditekan menggunakan tangan.

Ini tentu saja menjadi indikasi bahwa tahu tersebut dalam kualitas yang buruk.

2. Perhatikan warna tahu

5 Tips Cermat Memilih Tahu Untuk Memasak Agar Tetap Segarroughlight.com

Kamu patut memperhatikan warna tahu yang terdapat pada permukaannya, umumnya tahu kuning terbuat dari kunyit sehingga aman untuk dikonsumsi. Sementara, tahu yang menggunakan pewarna kimia akan memiliki warna kuning bahkan hingga kebagian tengah. Hal itulah yang wajib diperhatikan agar kita tidak salah memilih tahu dengan kualitas buruk.

Zat-zat kimia di dalamnya tentu saja dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan dan juga menurunkan kualitas tahu.

Baca Juga: 7 Warung Orem Orem Tempe Paling Enak di Malang, Siap Goyang Lidah!

3. Pastikan aromanya tetap khas

5 Tips Cermat Memilih Tahu Untuk Memasak Agar Tetap Segarutakatikotak.com

Saat membeli tahu pastikan bahwa aroma yang dihasilkan tidak berbau aneh dan memiliki aroma yang khas wangi seperti tahu pada umumnya.

Tahu dengan aroma yang tidak enak, amis, atau apek sebaiknya jangan dibeli karena bisa menjadi indikasi bahwa tahu tersebut sudah tidak segar lagi atau telah dicampur bahan-bahan kimia yang tidak baik bagi tubuh. Maka pastikan bahwa aromanya masih segar dan aman untuk dikonsumsi.

4. Tahu yang segar tidak tahan lebih dari 24 jam

5 Tips Cermat Memilih Tahu Untuk Memasak Agar Tetap Segarpicgra.com

Saat membeli tahu, hal utama yang harus diperhatikan adalah kesegaran dari tahu tersebut. Pastikan kamu membeli tahu sehat dan segar yang mana hanya mampu bertahan selama 24 jam, lebih dari itu tentu saja tahu akan rusak dan mengeluarkan rasa yang tidak enak atau kecut.

Sementara tahu dengan kualitas yang tidak baik atau dengan zat kimia di dalamnya dapat bertahan lebih dari 3 hari.

5. Jangan malu untuk bertanya pada pedagang

5 Tips Cermat Memilih Tahu Untuk Memasak Agar Tetap SegarYouTube/matkiding

Sebagai pembeli tentu kita harus kritis terhadap barang yang akan kita beli, tidak terkecuali kepada bahan makanan. Tidak perlu merasa ragu dan malu untuk bertanya kepada penjual mengenai bahan makanan tersebut selama kita bertanya secara sopan tanpa ada unsur menyinggung. Kita bisa menanyakan bahan-bahan pembuatnya, proses pembuatan, dan durasi ketahanan dari tahu yang kita beli.

Nah, 5 tips memilih tahu dengan kualitas baik di atas dapat menjadi informasi bagi kamu untuk lebih hati-hati dalam memilih makanan sebagai bahan utama untuk memasak. Selamat mempraktikannya!

Baca Juga: 5 Tips Cerdas Memilih Hati Sapi yang Sehat dan Lezat

Tresna Nur Andini Photo Community Writer Tresna Nur Andini

Colleger • Future Lecturer • Content Writer • Mari berteman di @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You