Comscore Tracker

5 Tips Memasak Nasi Liwet Menggunakan Rice Cooker, Tetap Lezat!

Mau makan nasi liwet pun jadi gak ribet, deh

Bagi masyarakat Indonesia tentu saja nasi liwet sangat erat kaitannya dengan acara sehari-hari. Biasanya nasi liwet disajikan ketika kumpul keluarga atau pun acara-acara lainnya yang melibatkan banyak orang.

Masyarakat Sunda biasa mengenal acara ini dengan istilah ngeliwet. Namun, secara tradisional biasanya nasi liwet akan dimasak dengan menggunakan kompor, tentu akan sedikit merepotkan. Pada saat ini, nasi liwet juga dapat diolah dengan menggunakan rice cooker.  

Sudahkah kamu mengetahui bagaimana cara memasak nasi liwet dengan menggunakan rice cooker? Berikut lima tipsnya!

1. Disarankan menggunakan rice cooker anti lengket

5 Tips Memasak Nasi Liwet Menggunakan Rice Cooker, Tetap Lezat!thespruceeats.com

Sering kali masalah yang banyak dirasakan oleh banyak orang ketika memasak nasi liwet adalah gosong pada bagian bawahnya. Oleh sebab itu, disarankan untuk kamu yang ingin memasak nasi liwet, sebaiknya menggunakan jenis rice cooker yang anti lengket.

Tentunya dengan begitu maka nasi liwet pun akan aman dari gosong pada bagian bawahnya.

2. Pastikan bumbu telah ditumis

5 Tips Memasak Nasi Liwet Menggunakan Rice Cooker, Tetap Lezat!seriouseats.com

Tak lengkap bila memasak nasi liwet, namun justru melewat poin terpenting dari cita rasa bumbu yang digunakan. Oleh sebab itu, sebelum kamu memasak nasinya, maka pastikan bahwa bumbu yang kamu gunakan telah ditumis terlebih dahulu. Bumbu yang telah ditumis akan memberikan aroma dan cita rasa tersendiri bagi nasi liwetmu.

Baca Juga: Tambahkan 5 Bahan Ini Agar Nasi Gorengmu ala Restoran Bintang Lima 

3. Memilih beras yang pulen

5 Tips Memasak Nasi Liwet Menggunakan Rice Cooker, Tetap Lezat!medicalnewstoday.com

Jika kamu menginginkan nasi liwet yang lezat ketika dicicipi, maka pastikan untuk menggunakan beras yang pulen juga, ya. Beras yang pulen tentu saja akan membantu memberikan sensasi rasa tersendiri bagi nasi liwet yang diolah. Selain itu, tekstur yang dihasilkan juga akan jauh lebih pulen dan maksimal.

4. Gunakan takaran seperti memasak nasi biasa

5 Tips Memasak Nasi Liwet Menggunakan Rice Cooker, Tetap Lezat!indianexpress.com

Memasak nasi liwet dengan menggunakan rice cooker memang sangat mudah, bahkan untuk kamu yang tidak jago memasak pun dapat melakukannya dengan baik. Kamu hanya perlu menggunakan takaran seperti halnya memasak nasi biasa. Dengan takaran tersebut maka cita rasa dari olahan nasi liwet mu akan jauh lebih lezat dan menggoda.

5. Masukan bahan pelengkap yang dapat diolah dengan cepat

5 Tips Memasak Nasi Liwet Menggunakan Rice Cooker, Tetap Lezat!usatoday.com

Setelah itu, kamu dapat memasukan bahan-bahan pelengkap yang biasanya ada pada olahan nasi liwet. Kamu juga disarankan untuk memasukan lauk-lauk yang dapat diolah dengan cepat tanpa memakan waktu lama, sebut saja seperti ayam suwir, abon, ikan teri, dan bahan-bahan pelengkap lainnya.

Nah, beberapa tips di atas dapat menjadi referensi dan informasi penting bagimu yang ingin membuat nasi liwet sederhana dan mudah dengan menggunakan rice cooker. Siap membuatnya?

Baca Juga: 7 Resep Nasi Warna-warni yang Nikmat, biar Gak Bosan Sama Nasi Putih

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya