Comscore Tracker

5 Tips Membersihkan Tulang Ikan dengan Mudah, Enggak Susah Lho!

Olahan ikanmu pun jadi bebas dari tulang, deh

Ikan merupakan hewan laut yang eksistensinya cukup sering diburu oleh banyak orang. Beragam jenis ikan banyak diolah menjadi aneka menu lezat yang memanjakan lidah. Namun, memang duri atau tulang ikan cukup mengganggu apabila dikonsumsi. Oleh sebab itu, banyak orang yang memilih untuk mem-fillet ikan atau membersihkannya dari tulang.

Untuk kamu yang penasaran apa saja tips membersihkan ikan dari tulang, berikut lima daftarnya.

1. Bersihkan sisik ikan

5 Tips Membersihkan Tulang Ikan dengan Mudah, Enggak Susah Lho!themanual.com

Sebelum memulai proses pembersihan, kamu harus menghilangkan sisik ikan terlebih dahulu. Kamu dapat menggunakan pisau ataupun sikat khusus agar nantinya sisik ikan mudah untuk dihilangkan. Terus lakukan cara ini hingga ikan benar-benar bersih dari sisik.

2. Sayat ikan dari ujung ekor hingga kepala

5 Tips Membersihkan Tulang Ikan dengan Mudah, Enggak Susah Lho!filletfish.com.au

Setelah memastikan ikan bersih, kamu dapat mulai menyayat ikan dari mulai ujung ekornya sampai hingga kepala. Proses sayatan ini nantinya akan membagi dua bagian dari ikan. Jangan terlalu dalam dan lakukan dengan perlahan agar tulang kan tidak terbagi dua ataupun banyak daging yang terbuang.

Selain itu, sayatan yang rapi akan memudahkanmu dalam membersihkan tulangnya nanti.

Baca Juga: 5 Kreasi Makanan Berbahan Ikan Makerel, Sehat dan Lezat!

3. Cucilah ikan di bawah air mengalir

5 Tips Membersihkan Tulang Ikan dengan Mudah, Enggak Susah Lho!beyondkimchee.com

Ketika membelah ikan, maka kamu akan melihat banyak darah ikan atau pun bagus dalamnya yang menempel. Oleh sebab itu, cucilah ikan di bawah air mengalir hingga benar-benar bersih. Mencuci ikan juga sekaligus dapat membantu memperjelas proses pembersihan dari tulang nantinya.

4. Pisahkan tulang dari bagian ekor ke kepala

5 Tips Membersihkan Tulang Ikan dengan Mudah, Enggak Susah Lho!seriouseats.com

Langkah selanjutnya adalah dengan menyayat bagus tulang daru ekor hingga kepala. Cara ini dilakukan mirip dengan proses penyayatan ikan menjadi dua bagian. Kamu harus melakukannya dengan perlahan namun cepat agar tak merusak kualitas dari daging ikan. 

5. Cabut tulang-tulang halus dengan pinset

5 Tips Membersihkan Tulang Ikan dengan Mudah, Enggak Susah Lho!sunset.com

Setelah membersihkan ikan dari tulang utamanya, maka kamu juga tak boleh melewatkan tulang-tulang halus di sekitarnya. Bersihkan dengan cara menggunakan pinset agar nantinya memudahkanmu dalam melakukannya. Dengan begitu, maka ikan pun bebas dari tulang.

Nah, beberapa tips di atas semoga dapat membantumu dalam membersihkan ikan dari tulangnya. Bisa praktikkan sendiri di rumah?

Baca Juga: 10 Resep dan Cara Membuat Ikan Bakar untuk Menu Masakan Harian

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya