Comscore Tracker

5 Tips Membuat Kaldu Tulang Sapi yang Mudah dan Lezat, Praktis Banget!

Kaldu pun akan terasa lebih autentik dan kaya akan cita rasa

Kaldu merupakan bahan utama yang digunakan untuk membuat olahan sup. Biasanya kaldu tak hanya melulu dapat dibuat sendiri di rumah, namun memang sudah banyak sekali varian instannya. Meski begitu, tetap saja kaldu buatan sendiri jauh lebih lezat dan sehat. Kamu harus mengetahui beberapa hal penting bila mengolah kaldu dengan menggunakan tulang sapi.

Untuk kamu yang penasaran apa saja tips membuat kaldu yang terbuat dari tulang sapi, berikut lima tipsnya.

1. Pilih tulang yang berkualitas

5 Tips Membuat Kaldu Tulang Sapi yang Mudah dan Lezat, Praktis Banget!northstarbison.com

Kamu perlu memerhatikan hal terpenting saat membuat kaldu sendiri di rumah, yaitu pemilihan tulang yang baik dan berkualitas. Tulang sapi yang berkualitas tentunya akan memengaruhi cita rasa pada kaldu. Kamu dapat memilih bagian tulang yang terdapat sumsum di dalamnya dengan ukuran yang sedang. Kamu juga dapat memotongnya menjadi beberapa bagian.

2. Cuci dan bersihkan

5 Tips Membuat Kaldu Tulang Sapi yang Mudah dan Lezat, Praktis Banget!greatbritishchefs.com

Sebelum mengolah tulang sapi, kamu dapat membersihkannya terkebih dahulu. Cucilah tulang sapi di bawah air mengalir dan bersihkan dari kotoran-kotoran yang menempel. Dengan begitu, maka kualitas kaldu pun akan jauh lebih maksimal.

Baca Juga: 5 Tips Membuat Kaldu Bening yang Lezat dan Kaya Rasa, Sedap Banget!

3. Panggang tulang hingga kering

5 Tips Membuat Kaldu Tulang Sapi yang Mudah dan Lezat, Praktis Banget!poormansgourmetkitchen.com

Untuk membantu mengeluarkan aroma dan cita rasa pada tulang, kamu dapat memanggangnya terlebuh dahulu. Gunakan oven untuk memanggang tulang hingga kecokelatan. Nantinya tulang tersebut akan memberikan cita rasa dan aroma yang berbeda pada kaldu.

4. Perebusan tulang

5 Tips Membuat Kaldu Tulang Sapi yang Mudah dan Lezat, Praktis Banget!kinetik-fitness.com

Untuk proses utama dari pembuatan kaldu adalah proses perebusannya. Kamu dapat menyesuaikan air yang akan digunakan sesuai dengan jumlah tulang.

Rebus selama 1 jam atau hingga menyusut seperempatnya. Bila sudah begitu, maka kamu dapat menambahkan merica, garam, daun bawang, dan sebagainya.

5. Cara penyimpanannya

5 Tips Membuat Kaldu Tulang Sapi yang Mudah dan Lezat, Praktis Banget!frugalnutrition.com

Setelah memastikan bahwa kaldu telah matang dan berwarna kecokelatan, maka kamu dapat menyisihkan sumsum dari dalam tulang. Selanjutnya, kamu dapat mulai menyimpannya dengan menggunakan wadah rapat di dalam freezer. Nantinya kaldu pun akan siap ditunakan untuk aneka jenis olahan.

Nah, tips di atas dapat menjadi referensi menarik untuk kamu coba dalam membuat kaldu sendiri di rumah. Mudah untuk dilakukan, bukan?

Baca Juga: Resep Kaldu Ayam Soun ala Yummy App, Gurih dan Sedapnya Pas Banget!

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya