Comscore Tracker

Gak Selalu untuk Makan Berat, Ini 6 Camilan yang Terbuat dari Nasi

Kata siapa nasi hanya untuk makanan berat? 

Sebagai orang Indonesia tentu kita sudah sangat mengenal nasi sebagai bahan utama dalam urusan perut. Memang rasanya seperti belum makan bila tidak mengonsumsi nasi. Stereotip seperti itu tercipta karena pada dasarnya nasi merupakan makanan pokok di Indonesia. Namun, apa jadinya ya bila nasi justru dimanfaatkan sebagai bahan untuk membuat camilan?

Berbeda dengan nasi untuk makanan pokok, beberapa olahan nasi juga ada yang dikonsumsi hanya untuk camilan, lho. Simak yuk apa saja daftarnya! 

1. Lontong isi

Gak Selalu untuk Makan Berat, Ini 6 Camilan yang Terbuat dari NasiYoutube/Dafa TubeHD

Siapa sih orang Indonesia yang tidak mengenal makanan tradisional yang satu ini? Olahan yang pada dasarnya terbuat dari nasi ini justru bukan dikonsumsi untuk makanan utama lho, melainkan hanya sebatas untuk camilan semata.

Lontong di Indonesia biasanya memiliki isian berupa kentang dengan tambahan kecap manis, daging ayam, atau justru oncom. 

2. Onigiri ala Jepang

Gak Selalu untuk Makan Berat, Ini 6 Camilan yang Terbuat dari Nasiverywellfit.com

Tidak hanya olahan Indonesia yang memiliki bahan dasar nasi untuk membuat camilan, melainkan juga Jepang. Pada dasarnya Negeri Matahari Terbit ini juga memiliki makanan pokok yang sama dengan Indonesia, yaitu nasi. Namun, nasi di Jepang tidak hanya dikonsumsi saat makan berat, melainkan juga untuk camilan seperti onigiri yang lezat.

Onigiri yang juga dikenal sebagai nasi kepal ini memiliki isian dan berbentuk segitiga. Porsinya yang kecil cukup untuk membuat olahan ini cocok untuk disebut sebagai makanan ringan.  

Baca Juga: Layak Dicoba, Ini 6 Kuliner Berbahan Dasar Nasi Khas Nusantara

3. Lemper isi

Gak Selalu untuk Makan Berat, Ini 6 Camilan yang Terbuat dari Nasikaltara.prokal.co

Mirip dengan olahan seperti lontong, lemper memiliki ukuran yang relatif lebih kecil. Tak hanya itu, lemper juga memiliki tekstur yang agak kasar bila dibandingkan lontong sebab terbuat dari beras ketan. Selain itu, lemper pada umumnya memiliki isian ayam lezat yang sangat memanjakan lidah.

Tentunya sangat cocok untuk menjadi camilan dan sebagai pengganjal perut. 

4. Bola nasi

Gak Selalu untuk Makan Berat, Ini 6 Camilan yang Terbuat dari Nasieatsmarter.com

Ada beragam jenis bola nasi yang dapat kamu temukan atau kamu buat sendiri di rumah. Beberapa jenis tersebut ada yang berupa bola nasi polos, bola nasi yang diberi isian, atau bahkan bola nasi yang digoreng hingga krispi dan renyah.

Bola-bola nasi ini cukup untuk menjadi camilan lezat sekaligus olahan pengganjal perut yang tepat. 

5. Pempek nasi

Gak Selalu untuk Makan Berat, Ini 6 Camilan yang Terbuat dari Nasien.wikipedia.org

Bila pempek terkenal dengan bahan dasar ikan tenggirinya, maka pempek yang satu ini juga terkenal dengan bahan dasar dari nasi. Pempek bertekstur lembut ini tidak hanya terasa lezat lho, namun juga memiliki keunikan tersendiri karena berbahan dasar yang tak biasa.

Selain itu, pempek nasi ini juga dapat menjadi ide sekaligus inspirasi memasak kamu di rumah untuk membuat camilan mudah, namun juga lezat. 

Nah, beberapa olahan di atas terbuat dari nasi, namun justru ternyata merupakan camilan dan bukan dikonsumsi untuk makanan berat. Mana nih yang jadi favoritmu?

Baca Juga: 7 Resep Nasi Warna-warni yang Nikmat, biar Gak Bosan Sama Nasi Putih

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya