Comscore Tracker

Resep Es Krim Jagung, Dessert Dingin yang Manis dan Menggugah Selera!

Bisa jadi pilihan terbaik saat cuaca terik

Es krim merupakan sajian dingin yang memiliki tekstur lembut dan bercita rasa manis. Meski menjadi menu favorit anak-anak, faktanya banyak orang dewasa yang juga menggemari menu dessert ini.

Salah satu menu es krim yang bisa kamu pilih adalah es krim jagung. Cara membuatnya pun mudah dan praktis, lho. Berikut resep lengkapnya.

1. Bahan-bahan yang dibutuhkan

Resep Es Krim Jagung, Dessert Dingin yang Manis dan Menggugah Selera!ilustrasi bahan (unsplash.com/Wouter Supardi Salari)

Bahan-bahan:

  • 2 buah jagung manis
  • 1 wadah heavy whipping cream
  • 1 1/2 cangkir susu
  • 1/2 wadah gula
  • 4 butir kuning telur
  • 1/2 sendok teh ekstrak vanila

2. Memarut jagung

Resep Es Krim Jagung, Dessert Dingin yang Manis dan Menggugah Selera!ilustrasi memarut jagung (thespruceeats.com)

Sebelum mengolah jagung, pastikan bahwa kamu telah memilih jenis jagung yang memiliki kualitas baik sehingga cita rasanya pun akan lebih manis. Jika sudah, cucilah jagung hingga bersih. Lalu, parutkan jagung dan letakan pada wadah yang telah disediakan.

Baca Juga: 5 Sajian Dessert Manis Berbahan Jagung, Bikin Ngiler!

3. Mencampurkan semua bahan dalam satu wajan

Resep Es Krim Jagung, Dessert Dingin yang Manis dan Menggugah Selera!ilustrasi memasak susu (pressurecookrecipes.com)

Persiapkan satu wajan dengan suhu medium untuk diisi dengan susu, jagung, dan krim. Biarkan semuanya dimasak selama beberapa saat. Lalu, pada wadah berbeda dapat kamu persiapkan kuning telur untuk dikocok bersama dengan gula pasir.

Masukkan adonan kuning telur pada wajan saus dan aduk sampai lebih mengental. Proses pemasakan akan memakan waktu selama 5 menit.

4. Dinginkan adonan es krim selama beberapa saat

Resep Es Krim Jagung, Dessert Dingin yang Manis dan Menggugah Selera!ilustrasi es krim jagung (passthesushi.com)

Adonan yang sudah jadi dapat dipindahkan pada wadah medium untuk kemudian dicampurkan dengan ekstrak vanila. Aduk semuanya hingga merata, lalu tutup bagian atasnya. Letakan wadah pada freezer selama minimal 2 jam hingga satu hari penuh.

5. Sajikan es krim jagung selagi dingin dengan kombinasi topping

Resep Es Krim Jagung, Dessert Dingin yang Manis dan Menggugah Selera!ilustrasi es krim jagung (southernliving.com)

Menu es krim yang telah didinginkan dapat langsung kamu sajikan. Untuk menambah kelezatannya, sajikan pula dengan aneka topping pilihan. Penyajian selagi dingin akan menambah kesegaran pada menu es krim jagung ini.

Membuat dessert manis yang lezat tentunya bisa kamu buat secara mudah di rumah tanpa bahan-bahan yang sulit dicari. Yuk, langsung praktikkan!

Baca Juga: 5 Sajian Berbahan Tepung Jagung, Banyak Variannya!

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya