Comscore Tracker

5 Tips Memasak Meski Hanya Memiliki Bahan Seadanya, Tetap Bisa!

Tetap produktif dalam mengolah makanan meski di rumah aja

Himbauan untuk tetap tinggal di rumah memang membuat sebagian orang mengeluhkan rasa bosan dan banyak yang mengisi waktunya untuk memasak. Namun, tentu saja aktivitas memasak tersebut tak selalu diisi dengan banyaknya bahan makanan yang tersedia. Kadang kala ada masanya justru sebagian orang kehabisan stok makanan dan belum sempat keluar untuk belanja.

Untuk kamu yang tetap ingin memasak meskipun dengan bahan terbatas, berikut lima tipsnya! 

1. Coba cari resep yang sesuai

5 Tips Memasak Meski Hanya Memiliki Bahan Seadanya, Tetap Bisa!Unsplash/S O C I A L . C U T

Tak perlu bingung sebab kamu dapat memanfaatkan buku resep atau pun resep online pada ponsel pintarmu. Melalui resep-resep tersebut, maka kamu dapat menyesuaikan dengan bahan-bahan yang kamu miliki. Dengan begitu aktivitas memasakmu tetap dapat berjalanan sebagaimana mestinya. 

2. Mengganti bahan yang tidak ada

5 Tips Memasak Meski Hanya Memiliki Bahan Seadanya, Tetap Bisa!Unsplash/Katie Smith

Cara yang satu ini dapat terbilang sebagai tips yang paling ampuh untuk menghasilkan rasa yang maksimal seperti semestinya. Alasannya adalah karena mengganti bahan makanan tak akan mengubah cita rasa yang ada. Sebagai contoh, kamu dapat mengganti penggunaan daging sapi menjadi daging ayam atau ikan, brokoli menjadi kembang kol, atau bahan-bahan lainnya yang hampir serupa. 

3. Tak ada salahnya memodifikasi sedikit resep

5 Tips Memasak Meski Hanya Memiliki Bahan Seadanya, Tetap Bisa!Unsplash/Jason Briscoe

Bila memang perlu mengubah daftar resep dengan memodifikasikannya, tentu cara tersebut dapat kamu lakukan. Modifikasi resep dapat kamu sesuaikan dengan bahan-bahan yang memang kamu miliki saat ini. Kamu juga dapat menyesuaikannya dengan cita rasa versimu sendiri. 

Baca Juga: 5 Tips Memasak yang Masih Jarang Diketahui, Memudahkan Urusan Dapur!

4. Membuat olahan karyamu sendiri

5 Tips Memasak Meski Hanya Memiliki Bahan Seadanya, Tetap Bisa!vegetariantimes.com

Bila memang menjelajah resep-resep yang ada tak membuahkan hasil, maka kamu dapat mencoba cara lainnya yaitu memasak dengan resep sendiri. Dengan begitu kamu akan menghasilkan makanan yang pas dan tepat di lidah. Kamu juga tak perlu khawatir dengan bahan-bahan terbatas yang kamu miliki. 

5. Tak perlu khawatir bila gagal, kamu dapat memasak menu lainnya

5 Tips Memasak Meski Hanya Memiliki Bahan Seadanya, Tetap Bisa!taste.com.au

Jangan berkecil hati bila hasil memasakmu gagal karena hal tersebut sangat wajar dialami semua orang. Kamu dapat memulai kembali untuk memasak ulang dengan bahan yang ada atau pun memasak bahan instan. Dengan kegagalan, maka kamu dapat belajar dari kesalahan yang ada. 

Nah, beberapa tips di atas dapat kamu lakukan bila hanya memiliki bahan-bahan yang terbatas di rumah. Jangan takut mencoba!

Download aplikasi masakan Yummy App untuk mendapatkan beragam referensi resep masakan sesuai dengan selera kamu, lengkap dengan cara memasaknya hanya di Google Play Store dan App Store.

Baca Juga: 7 Tips Memilih dan Memasak Terung dengan Benar, biar Gak Lembek Banget

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ernia Karina
  • Antonius Putu Satria

Berita Terkini Lainnya