Comscore Tracker

5 Tips Membuat Telur Mata Sapi dengan Mudah, Gak Akan Berantakan Kok!

Berminat membuatnya sendiri di rumah?

Telur merupakan bahan makanan yang umum dan sudah sering digunakan untuk memasak. Biasanya telur juga termasuk menu yang praktis dan tak membutuhkan waktu lama dalam membuatnya.

Salah satunya yang populer adalah telur mata sapi dengan bagian kuning sempurna pada bagian tengah. Namun, membuatnya ternyata tak mudah, lho. Berikut ini tips apabila kamu ingin membuat telur mata sapi dengan mudah.

1. Gunakan wajan anti lengket

5 Tips Membuat Telur Mata Sapi dengan Mudah, Gak Akan Berantakan Kok!saudereggs.com

Penggunaan wajan anti lengket menjadi hal utama yang perlu kamu perhatikan selama membuat telur setengah matang. Pastikan untuk memilih jenis wajan anti lengket agar nantinya telur tak susah diangkat. Bila susah diangkat, dijamin telurmu akan hancur tak berbentuk.

2. Pemilihan minyak sayur yang tepat

5 Tips Membuat Telur Mata Sapi dengan Mudah, Gak Akan Berantakan Kok!Pexels/Pixabay

Tak banyak yang tahu bahwa pemilihan minyak juga cukup penting untuk membuat telur mata sapi. Biasanya minta kanola dan minyak zaitunlah yang paling mendekati kecocokannya dalam membuat telur mata sapi. Hal tersebut karena kedua minyak memiliki titik asap yang lebih tinggi dan membuat telur menjadi lebih sedap.

Baca Juga: 5 Tips Merebus Telur Agar Tidak Mudah Pecah, Mudah dan Efektif!

3. Gunakan saringan berongga

5 Tips Membuat Telur Mata Sapi dengan Mudah, Gak Akan Berantakan Kok!bonappetit.com

Fungsi saringan berongga sebenarnya untuk memisahkan antara bagus putih dan kuning telur secara lebih mudah. Nantinya, bagian putih bisa langsung kamu masukan ke dalam teflon duluan, kemudian disusul bagian kuningnya. Bentuk telur mata sapi pun dijamin lebih cantik.

4 Gunakan potongan bawang bombai

5 Tips Membuat Telur Mata Sapi dengan Mudah, Gak Akan Berantakan Kok!amealtime.com

Bawang bombai memiliki bentuk bulat yang sempurna dengan lapisan per lapisannya. Kamu bisa menggunakan lapisan pada bawang bombai untuk dijadikan cetakan saat membuat telur mata sapi. Cukup letakan lapisan bawang bombai pada wajan anti lengket dan kamu bisa langsung memecahkan telur ke bagian tengahnya.

5. Membuat telur mata sapi rebus

5 Tips Membuat Telur Mata Sapi dengan Mudah, Gak Akan Berantakan Kok!foodnetwork.com

Telur mata sapi ternyata tak melulu hanya bisa diperoleh dengan cara digoreng. Kamu juga bisa membuatnya dengan teknik perebusan. Caranya dengan memecahkan telur ke dalam centong. Biarkan centong berada di dalam air rebusan hingga mencapai kematangan yang diinginkan. Telur rebus tentu saja akan jauh lebih sehat.

Nah, cukup mudah dalam membuat telur mata sapi dengan cara-cara yang praktis dan tak menyulitkan. Mau mencobanya?

Baca Juga: 7 Telur Goreng Mancanegara Ini Solusi Lauk Kilat yang Lezat, Cobain!

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya