Comscore Tracker

5 Tips Mengolah Iga Sapi Agar Empuk Saat Dimakan

Dagingnya jadi mudah lepas dari tulang lho

Siapa yang tidak suka iga sapi? Rasanya hampir semua orang menyukai bagian terlezat dari sapi. Iga sapi atau rib memang biasanya menjadi salah satu bagian paling digemari oleh banyak orang karena lezat apalagi dengan teknik mengolah untuk dibuat sup maupun dibakar.

Seringkali kita harus cermat dalam mengolahnya agar iga sapi tidak alot dan sulit dimakan. Di balik cita rasanya yang lezat, sudahkah kamu mengetahui bagaimana cara mengolah iga sapi agar empuk?

Untuk kamu yang penasaran mengenai bagaimana cara mengolah daging iga sapi agar empuk dan mudah lepas dari tulangnya, simak yuk apa saja!

1. Utamakan iga sapi yang masih muda

5 Tips Mengolah Iga Sapi Agar Empuk Saat Dimakanturnerandgeorge.co.uk

Sebelum mengolah iga sapi, pastikan untuk memilih iga sapi yang masih muda dan tidak memiliki lapisan lemak yang terlalu tebal. Jenis daging iga sapi yang masih muda akan cenderung lebih cepat empuk dan tidak perlu waktu lama dalam merebusnya, sementara untuk daging iga sapi yang tebal akan memerlukan waktu yang lama pula dalam proses perebusannya.

2. Gunakan parutan nanas dan daun pepaya

5 Tips Mengolah Iga Sapi Agar Empuk Saat Dimakanindonesian-store.resmart.info

Beberapa orang mengatakan bahwa parutan nanas dan daun pepaya ampuh dalam membantu iga sapi menjadi lebih empuk. Baluri daging iga sapi dengan keduanya selama beberapa menit sebelum merebusnya sesaat untuk menghilangkan aroma tidak sedap dari iga sapi tersebut dan mengurangi kaldu keruh di dalamnya.

3. Gunakan panci bertekanan untuk durasi waktu yang lebih singkat

5 Tips Mengolah Iga Sapi Agar Empuk Saat Dimakanmaangchi.com

Jika kamu ingin iga sapi segera empuk tanpa memerlukan waktu lama, pastikan untuk menggunakan panci bertekanan sebagai cara untuk mempersingkat waktu perebusan. Tambahkan air pada rebusan iga sapi, biarkan merebus selama 30 menit dan selanjutnya kita dapat menambahkan komposisi bahan lain untuk pengolahannya.

Baca Juga: Ide Kreasi Iga Sapi yang Sedap Banget. Coba, yuk!

4. Tidak punya panci bertekanan? Gunakan panci biasa tidak masalah

5 Tips Mengolah Iga Sapi Agar Empuk Saat Dimakancookindineout.com

Apabila kamu tidak memiliki panci bertekanan, maka tidak perlu khawatir karena kamu tetap dapat menggunakan panci biasa untuk mengolah iga sapi. Cukup dengan merebus iga sapi dengan api kecil dan buanglah gumpulan pada bagian atasnya, namun dengan catatan kita harus lebih bersabar karena membutuhkan waktu yang cukup lama.

5. Gunakan teknik slow cooker untuk kelembutan yang maksimal

5 Tips Mengolah Iga Sapi Agar Empuk Saat Dimakancookindineout.com

Jika kamu ingin iga sapi memiliki tekstur yang sangat lembut, namun dengan waktu yang tidak terburu-buru maka teknik slow cooker dapat kamu coba. Teknik ini dilakukan dengan cara merebusnya dengan bahan-bahan yang dibutuhkan selama 6 jam. Sudah tentu aneka bahan dari rempah tersebut akan sangat meresap kedalam daging iga sapi dan kelembutan saat mencicipinya.

Nah, 5 tips mengolah iga sapi agar empuk di atas dapat menjadi informasi bagi kamu yang ingin mengolah iga sapi sehingga tidak perlu khawatir lagi apabila iga sapi akan alot. Bagaimana menurutmu?

Baca Juga: 6 Olahan Gulai Sayuran Ini Gak Kalah Enak dengan yang Berbahan Daging

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya