Comscore Tracker

Resep Kue Talam Bunga Telang, Tampilannya Cantik dengan Warna Alami

Auto bikin lapar mata, nih!

Kalau kamu pecinta jajanan tradisional bercita rasa manis dan gurih, mungkin bisa coba mencicipi kenikmatan kue talam. Ya, jajanan tersebut merupakan kue basah yang terbuat dari santan dan tepung beras yang dimasak hingga kental. 

Selain itu, bisanya kue talam juga ditambahkan dengan ketan sehingga perpaduan tekstur lembut dan pulen menyatu di mulut. Biasanya kue talam akan berwarna putih hijau atau cokelat hijau.

Namun, kini kamu bisa mengkreasikannya dengan campuran bunga telang. Tentu saja ini juga bisa menambah kecantikan dalam olahan kue talammu. Mau coba buat di rumah? Yuk, coba resepnya di bawah ini!

1. Bahan-bahan yang perlu disiapkan

Resep Kue Talam Bunga Telang, Tampilannya Cantik dengan Warna Alamiilustrasi beras ketan (freepik.com/jcomp)

Bahan lapis ketan:

  • 500 gram beras ketan
  • 2 gram bunga telang
  • 150 ml air mendidih
  • 300 gram santan
  • 1 sdt garam
  • 4 daun pandan

Pandan custard:

  • 4 butir telur
  • 270 gram santan kental
  • 50 gram gula pasir
  • 50 gram brown sugar
  • 35 lembar daun pandan
  • 135 gram air
  • 14 gram tepung maizena
  • 50 gram tepung protein sedang

2. Rendam bunga telang dan beras ketan

Resep Kue Talam Bunga Telang, Tampilannya Cantik dengan Warna Alamiilustrasi bunga telang (freepik.com/jcomp)

Langkah pertama, kamu perlu merendam terlebih dahulu bunga telang dengan air panas selama 6-8 jam. Pastikan sampai warnanya benar-benar pekat, lalu saring.

Kemudian, cuci beras ketan hingga bersih. Rendam 1/3 atau 165 gram beras ketan dengan bunga telang dan sisanya rendam dengan air matang biasa. Pastikan ketan tertutup permukaan air.

Baca Juga: 5 Manfaat Bunga Telang, Bunga Biru yang Sering Ada di Pekarangan

3. Kukus beras ketan sampai pulen

Resep Kue Talam Bunga Telang, Tampilannya Cantik dengan Warna Alamiilustrasi mengukus dalam panci (unsplash.com/Frank Zhang)

Panaskan panci untuk mengukus beras ketan. Alasi dengan daun pisang, lalu kukus beras ketan. Beri pembatas antara beras ketan yang direndam bunga telang dan air biasa, ya. Masukkan daun pandan, lalu kukus ketan selama 20 menit.

Kemudian, masak santan, air dan garam. Bagi santan menjadi dua bagian dengan komposisi 1/3 bagian untuk warna biru dan sisanya adalah ketan biasa. Pindahkan ketan ke dalam wadah, lalu tuang santan. Diamkan selama 15 menit dan kukus kembali selama 15 menit.

4. Buat lapisan pandan custard

Resep Kue Talam Bunga Telang, Tampilannya Cantik dengan Warna Alamiilustrasi mixer (pixabay.com/NickyPe)

Potong daun pandan menjadi kecil-kecil. Blender daun pandan bersama air sampai halus, lalu saring. Campurkan jus pandan dengan santan, brown sugar, dan essense pandan. Masak diatas api kecil hingga gula larut, lalu angkat dan dinginkan. 

Dalam wadah berbeda, mixer telur dan gula pasir hingga mengembang. Masukkan tepung maizena dan tepung terigu. Tuang santan hangat, lalu aduk rata. Masak kembali dengan api kecil sampai kental.

5. Tata di atas loyang dan kukus sampai matang

Resep Kue Talam Bunga Telang, Tampilannya Cantik dengan Warna Alamiilustrasi kue talam bunga telang (instagram.com/linagui.kitchen)

Selanjutnya, aduk kedua warna beras menggunakan sumpit hingga merata. Lalu, tata di atas loyang yang dialasi dengan daun pisang dan diolesi minyak tipis-tipis. Ratakan dan padatkan dengan penekan.

Tuang adonan custard pandan sambil di saring agar hasilnya lebih lembut dan tidak ada bahan yang masing menggumpal. Kukus adonan kue talam dengan api kecil selama 50-60 menit sampai matang. 

Gimana, sudah ngiler belum dengan tampilan cantik dari kudapan nikmat satu ini? Selamat berkreasi! 

Baca Juga: Resep Lemper Ayam Bunga Telang, Kreasi Kue Jadul yang Antimainstream

Salsabila Iffah Photo Verified Writer Salsabila Iffah

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya