Comscore Tracker

5 Manfaat Bunga Telang, Bunga Biru yang Sering Ada di Pekarangan

Ternyata kaya akan manfaat, lho! kamu sudah tahu belum? 

Bunga cantik ini memiliki nama lain Butterfly Pea, yang dikenal sebagai tanaman hias yang tumbuh liar di pekarangan. Bunga yang sering kita temui dengan penampilan sangat mencolok dengan warna biru keunguannya ini juga memiliki banyak warna lain seperti biru muda hingga tua, ungu muda, putih bahkan kuning.

Mitos yang beredar pada kebanyakan orang Indonesia yaitu bunga ini bagus untuk mempercantik mata pada bayi atau hanya untuk meningkatkan pengelihatan. Bunga dengan mahkota berbentuk kupu-kupu ini, ternyata memiliki banyak sekali manfaat jika dikonsumsi berkala lho. Bunga ini kerap digunakan sebagai pewarna alami makanan bahkan bunga ini dijadikan sebagai pengobatan tradisional di beberapa negara lain.

Dilansir penelitian Journal of Food dan Science an Technology, bunga telang memiliki kandungan antioksidan tinggi yang bermanfaat untuk mengurangi stres oksidatif. Hal ini menjadi salah satu bukti bahwa manfat bunga telang ini tidak hanya sebagai tanaman hias saja, tetapi juga untuk kesehatan. Berikut ini adalah beberapa manfaat bunga telang untuk kesehatan tubuh kita

Baca Juga: Cara dan Tips Mengolah Bunga Telang, Bisa Dibuat Teh yang Menyegarkan

1. Meringankan depresi dan gangguan kecemasan

5 Manfaat Bunga Telang, Bunga Biru yang Sering Ada di PekaranganIlustrasi Depresi (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kandungan phytocomp yang berasal dari ekstrak etanol bunga telang, ditemukan asam linolenat dan asam palmitat yang dipercaya untuk mengatasi gangguan mental dan depresi.

Asam linolenat adalah asam lemak omega-3 esensial yang berfungsi untuk mengontrol kadar kolestrol dalam darah dan memiliki sifat neroprotektif sebagai pelindung sistem saraf pusat dari kerusakan.  Asam palmitat sendiri merupakan senyawa yang mirip dengan asam linolenat namun memiliki sifat antioksidan yang terbukti sebagai antidepresan alami.

2. Bagus untuk sistem pencernaan dan meringankan gejala diabetes

5 Manfaat Bunga Telang, Bunga Biru yang Sering Ada di PekaranganIlustrasi Pengecekan Diabetes (pexels.com/Polina Tankilevitch)

Bunga telang memiliki kandungan antibakteri yang dapat membantu mengatasi beberapa masalah pencernaan salah satunya adalah keracunan makanan.

Berdasarkan penelitian Multidisciplinary Digital Publishing Institute, mereka menemukan bahwa kandungan pada bunga telang ini dapat menghambat amilase pancreas yang mengarah pada pengurangan pelepasan maltosa. Sehingga dengan mengonsumsi air bunga telang, maka enzim pencernaan karbohidrat termasuk amilase dan glukosidase pada usus akan terhambat. Hal tersebut juga akan membuat stabilnya gula darah dalam tubuh.

Baca Juga: 10 Fakta Menarik Bunga Lily of the Valley, Bunga Favorit Kerajaan 

3. Mempercepat penyembuhan luka dan mengurangi peradangan

5 Manfaat Bunga Telang, Bunga Biru yang Sering Ada di PekaranganIlustrasi Penyembuhan Luka (pexels.com/RODNAE Productions)

Manfaat lainnya dari bunga cantik ini yaitu bisa digunakan sebagai pengobatan tradisional dalam penyembuhan luka luar pada tubuh. Selain bunganya mengandung senyawa fenolik, biji bunga telang ini juga mengandung flanovol glikosida. Dalam penelitian yang dilakukan pada hewan, peneliti memberikan ekstrak biji dan tumbuhan bunga telang dengan cara mengoleskan maupun secara oral. hasilnya menunjukkan penyembuhan luka lebih cepat.

Selain itu, bunga biru ini juga memiliki kandungan asam oleat yang biasanya ditemukan pada minyak zaitun. Pada beberapa penelitian, asam oleat terbukti mampu untuk mengurangi peradangan dan mengurangi risiko terkena kanker. Manfaat lainnya yaitu mengurangi infeksi yang disertai pembengkakan. Wah, banyak sekali ya manfaatnya.

4. Menjaga kesehatan mata

5 Manfaat Bunga Telang, Bunga Biru yang Sering Ada di PekaranganIlustrasi Kesehatan Mata (pexels.com/Ksenia Chernaya)

Berikutnya ada kandungan proanthocyanidin yang berfungsi untuk meningkatkan aliran darah ke kapiler mata. Penggunaan tumbuhan ini sudah digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit mata di Asia Tenggara lho.

Pada penelitian procedia chemistry dikatakan bahwa bunga telang menjaga Kesehatan mata salah satunya untuk mengobati infeksi mata seperti konjungtivis (mata merah muda) dengan menjadi penjaga agar tidak ada bakteri yang masuk merusak mata dan akan disterilkan. Tidak hanya itu, khasiatnya juga dapat digunakan untuk pengobatan glukoma, katarak, mata lelah, kaburnya pengelihatan bahkan mengobati kerusakan pada retina.

5. Meningkatkan kesehatan dan melembapkan kulit

5 Manfaat Bunga Telang, Bunga Biru yang Sering Ada di PekaranganIlustrasi Kesehatan Kulit (pexels.com/cottonbro)

Kandungan flavonoid yang ada dalam bunga telang menjadikannya rangsangan untuk memproduksi kolagen dalam tubuh sehingga membantu menjaga keelastisan kulit. Dengan meminumnya secara rutin, dapat membantu mencerahkan kulit yang kusam, meratakan warna kulit dan menghilangkan bintik-bintik pada kulit. Satu studi menemukan bahwa bunga telang dapat menenangkan masalah kulit.

Selain diminum, air bunga telang juga dapat di aplikasikan ke tubuh dengan menjadikannya sebagai penyegar alami. Hal ini telah dibuktikan pada sebuah studi di tahun 2021 yang menyatakan bahwa ekstrak bunga telang dapat melembapkan kulit hingga 70 persen setelah satu jam pemakaian ke kulit. Tidak perlu skincare mahal, gunakan bahan-bahan alami saja ya. Bagaimanapun kecantikan sejati dimulai dari dalam keluar!

Walaupun para ahli mengatakan bahwa bunga telang kaya akan manfaat, dan aman jika dikonsumsi, namun tetap tidak boleh berlebihan ya. Untuk kondisi medis yang serius seperti hipertensi, alzeheimer dsb, tetap harus memerlukan perhatian medis lebih lanjut.

Baca Juga: Bunga-Bunga Terindah di Dunia, Cantik dan Mempesona Banget!

Siti Fatimah Anggraeni Photo Writer Siti Fatimah Anggraeni

Hello, I'm new here. I just wanna share what i'm thinking of. I'm glad to share my stories and experiences with you :))

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya