Comscore Tracker

Resep Swedish Chocolate Cake yang Cokelat dan Manisnya Terasa Istimewa

Cocok buat pulihkan mood kamu biar semangat lagi

Selain kue brownies yang punya cita rasa nyoklat dan moist di lidah, satu lagi kudapan yang gak boleh kamu lewatkan adalah Swedish chocolate cake. Sesuai namanya, kue ini berasal dari Swedia yang memiliki sebutan lain, yaitu kladdkaka

Rasanya cukup manis dan pekat dengan tekstur yang moist, hampir mirip dengan brownies. Jadi buat kamu yang bosan dengan brownies, bisa nih coba bikin kladdkaka buat ngemil di rumah. 

1. Bahan-bahan yang perlu disiapkan

Resep Swedish Chocolate Cake yang Cokelat dan Manisnya Terasa Istimewailustrasi bahan adonan (pexels.com/Victoria Emerson)

Bahan :

  • 3 butir telur utuh
  • 100 gram gula
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt vanila
  • 90 gram tepung terigu
  • 45 gram cokelat bubuk
  • 175 gram butter

Topping :

  • cokelat batangan (DCC), lelehkan
  • cokelat meses
  • candy eyes

2. Kocok telur dan gula sampai mengembang

Resep Swedish Chocolate Cake yang Cokelat dan Manisnya Terasa Istimewailustrasi mencampur bahan (pexels.com/Taryn Elliott)

Siapkan mangkok untuk mengaduk adonan. Lalu, masukkan telur dan kocok pelan dengan mixer berkecepatan rendah.

Jika adonan sudah setengah mengembang, masukkan gula dan vanilla ke dalamnya. Naikkan speed mixer, kocok sampai mengembang dan kental. 

Baca Juga: Resep Chocolate Carrot Cake yang Lumer di Mulut, Begini Caranya!

3. Masukkan bahan lainnya, aduk rata

Resep Swedish Chocolate Cake yang Cokelat dan Manisnya Terasa Istimewailustrasi mengayak tepung (pexels.com/Polina Tankilevitch)

Campurkan tepung dan cokelat bubuk, lalu ayak sambil dimasukkan ke adonan telur. Lalu, aduk kembali dengan mikser berkecepatan rendah sebentar hingga rata. 

Kemudian, tambahkan butter dan garam sedikit demi sedikit. Aduk dengan speed rendah, lalu matikan dan aduk balik dengan spatula. 

4. Tuang adonan ke atas loyang

Resep Swedish Chocolate Cake yang Cokelat dan Manisnya Terasa Istimewailustrasi menuangkan adonan ke loyang (freepik.com/unihuizifotografi)

Siapkan loyang cetakan pie ukuran 10 cm. Olesi dengan olesan anti lengket atau cukup gunakan margarin. Kemudian, tuang adonan ke dalam cetakan hingga penuh. Ratakan sambil diletakkan agar tidak ada gelembung udara di dalamnya. 

5. Panggang di dalam oven hingga matang

Resep Swedish Chocolate Cake yang Cokelat dan Manisnya Terasa Istimewailustrasi mengatur suhu oven (freepik.com/fabrikasimf)

Selanjutnya, panaskan oven terlebih dahulu sebelum digunakan untuk menstabilkan suhu. Tunggu kurang lebih selama 10-15 menit hingga panas. 

Masukkan loyang berisi adonan ke dalam oven. Panggang selama 30 menit di atas suhu 170°C atau sesuaikan dengan oven masing-masing. Lakukan tes tusuk. Jika adonan tidak menempel berarti sudah matang. Lalu, keluarkan dari oven.

Kudapan ini cocok banget buat menemani kamu nonton film favorit maupun aktivitas seru saat weekend. Selamat mencoba! 

Baca Juga: Resep Basque Burnt Cheese Cake, Kue Lembut yang Nyaman di Mulut

Salsabila Iffah Photo Verified Writer Salsabila Iffah

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya