Comscore Tracker

Resep Sala Lauak Khas Pariaman, Bahan-bahannya Sederhana Banget!

Garing di luar, lembut di dalam

Sala lauak adalah gorengan khas Minang yang jadi ciri khas daerah Pariaman. Jika berkunjung ke Pariaman, khususnya di daerah Ulakan, di sepanjang jalan kamu akan menemukan pedagang yang menjual jajanan ini dan aneka gorengan seafood

Rasa yang gurih dan teksturnya yang garing diluar dan lembut di dalam membuat sala lauak sangat cocok dijadikan camilan atau teman santap makanan berkuah. Selain itu, ternyata bahan untuk membuatnya juga sangat sederhana, yakni hanya bermodalkan tepung beras dan ikan asin. Yuk, coba buat di rumah dengan resep di bawah ini!

1. Siapkan bahan dan bumbu yang dibutuhkan

Resep Sala Lauak Khas Pariaman, Bahan-bahannya Sederhana Banget!ilustrasi tepung (pexels.com/Kaboompics .com)

Bahan-bahan:

  • 600gr tepung beras 
  • Segenggam kecil ikan asin 
  • 2 siung bawang putih
  • 8 butir merica utuh
  • 3 buah cabai merah keriting
  • 1 ruas jari kunyit
  • 2 helai daun kunyit
  • Garam secukupnya
  • Penyedap rasa secukupnya
  • 3 gelas air bersih untuk memasak bumbu
  • Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng adonan 

2. Haluskan bumbu dan masak kuahnya

Resep Sala Lauak Khas Pariaman, Bahan-bahannya Sederhana Banget!ilustrasi menghaluskan bumbu (pexels.com/id-id/@cottonbro

Haluskan bawang putih, merica, cabai merah dan kunyit. Pastikan bumbu halus dan tidak ada yang bergerindil, terutama kunyit, agar tampilan sala bulek bagus dan rasanya lembut. Kemudian untuk daun kunyit cukup diiris tipis-tipis saja.

Berikutnya, cuci bersih ikan asin, buang tulang dan kepalanya, kemudian suir kecil-kecil atau belender sampai agak halus. Sesuaikan saja dengan seleramu, ya. Selanjutnya, tambahkan ke dalam wajan yang sudah berisi bumbu tadi, beri garam, penyedap rasa, dan tambahkan dua gelas air. Masak dengan api sedang.

Baca Juga: 5 Kuliner Khas Pariaman Sumbar yang Sukses Bikin Lidah Senang 

3. Tambahkan tepung ke dalam kuah mendidih

Resep Sala Lauak Khas Pariaman, Bahan-bahannya Sederhana Banget!adonan sala lauak (instagram.com/nasipadanglapaubundo)

Setelah kuah bercampur bumbu sudah mendidih, selanjutnya koreksi rasa. Pastikan kuah agak sedikit asin agar rasanya pas saat nanti dicampur dengan tepung. Apabila rasa sudah pas, kecilkan api kompor. 

Selanjutnya tambahkan tepung ke dalam kuah. Segera aduk dengan cepat agar tepung menyatu dengan kuah dan tidak menggumpal. Aduk-aduk sampai tidak ada lagi tepung yang menggumpal dan adonan benar-benar matang. Kemudian angkat adonan ke wadah kering. Pastikan adonan tidak lembek agar mudah dibentuk. 

4. Dinginkan adonan, kemudian bulat-bulatkan

Resep Sala Lauak Khas Pariaman, Bahan-bahannya Sederhana Banget!adonan sala lauak yang sudah dibulat-bulat (instagram.com/lusiejasno)

Dinginkan adonan yang sudah dimasak di suhu ruang sampai benar-benar dingin. Biasanya butuh waktu sekitar satu jam agar adonan tidak meledak saat digoreng. Adonan yang sudah dingin siap untuk dibulatkan. 

Gunakan sarung tangan plastik dan baluri dengan sedikit minyak goreng agar adonan tidak lengket. Bulat-bulatkan adonan sebesar bola pingpong atau sesuai selera. Lakukan hal yang sama sampai semua adonan habis. 

5. Goreng adonan dengan api sedang sampai matang

Resep Sala Lauak Khas Pariaman, Bahan-bahannya Sederhana Banget!menggoreng sala lauak (instagram.com/dapoeamarco)

Langkah terakhir, goreng adonan yang sudah dibulatkan tadi dengan api sedang. Pastikan menggunakan api sedang cenderung kecil agar minyak tidak terlalu panas dan adonan tidak meledak saat digoreng. 

Saat menggoreng, pastikan permukaan adonan sudah agak kering, baru boleh diaduk agar adonan tidak hancur. Goreng adonan sampai mengapung di atas minyak dan permukaannya sudah garing. Angkat dan tiriskan minyaknya. Sala lauak khas Pariaman pun sudah bisa dinikmati, nih!

Jajanan Minang memang tidak perlu diragukan lagi kelezatannya, salah satunya sala lauak khas Pariaman ini. Yuk, coba buat di rumah dan pastikan kamu mengikuti langkahnya dengan benar, ya. 

Baca Juga: Mantap, 10 Makanan Khas Likupang yang Bakal Bikin Lidahmu Bergoyang!

Yeliza Umami Photo Verified Writer Yeliza Umami

Suka menulis, memasak & melukis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya