Comscore Tracker

Resep Nasi Creamy Kari Udang, Menu Unik yang Bikin Ketagihan

Olahan nasi yang gak itu-itu aja, nih!

Nasi menjadi makanan pokok masyarakat Indonesia. Di dalamnya mengandung nutrisi yang melimpah sekaligus sumber karbohidrat bagi tubuh. 

Biasanya, nasi putih disajikan bersama beragam jenis lauk pauk. Namun, bagi kamu yang bosan dengan nasi putih biasanya, kamu bisa mencoba rekomendasi menu baru, lho.

Salah satunya adalah nasi creamy kari udang. Enak dan mengenyangkan, olahan nasi ini aromanya bikin kamu ngiler.

Supaya bisa bikin di rumah, berikut resep nasi creamy kari udang yang gurih dan cara membuatnya gampang banget. Bisa pakai sisa nasi kemarin, lho!

1. Siapkan bahan-bahan terlebih dahulu

Resep Nasi Creamy Kari Udang, Menu Unik yang Bikin Ketagihanpotret beras (pixabay.com/allybally4b)

Bahan-bahan:

  • 250 gram beras
  • 500 gram udang
  • 230 ml krim cair
  • 1/2 liter air
  • 1 buah paprika merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt lada
  • 1 sdt jahe
  • 1 sdt bawang putih bubuk
  • 1 sdt bubuk kari
  • 2 sdm minyak goreng
  • daun bawang secukupnya

2. Tumis udang dan bawang putih cincang

Resep Nasi Creamy Kari Udang, Menu Unik yang Bikin Ketagihanpotret menumis udang (youtube.com/Deli Cuisine)

Panaskan dua sendok makan minyak goreng di wajan. Setelah panas, masukkan dua siung bawang putih yang telah dicincang. Kemudian, tambahkan juga udang tanpa kulit, lalu aduk merata.

Setelah itu, tambahkan satu sendok teh garam, setengah sendok teh lada, dan daun bawang secukupnya. Tambahkan pula satu sendok teh jahe cincang, satu sendok teh bawang putih bubuk, dan satu sendok teh bubuk kari, lalu aduk kembali.

Setelah udangnya matang, angkat dan sisihkan terlebih dahulu. Lanjutkan memasak ke tahap berikutnya.

3. Tumis paprika hingga matang

Resep Nasi Creamy Kari Udang, Menu Unik yang Bikin Ketagihanpotret menumis paprika (youtube.com/Deli Cuisine)

Siapkan paprika merah, lalu potong menjadi bagian kecil. Gunakan wajan dan sisa minyak yang tadi. Sebagai opsi, kamu bisa menambahkan sedikit minyak goreng jika dibutuhkan.

Selanjutnya, tumis paprika sampai benar-benar matang dan terkaramelisasi. Tidak perlu lagi menambahkan minyak jika sudah menyusut. Kemudian, kamu tinggal menunggu untuk memasukkan beras dan air.

Baca Juga: 10 Olahan Nasi Tradisional dari Berbagai Negara, Ada Nasi Tumpeng!

4. Masak nasi bersama campuran air, udang, dan paprika

Resep Nasi Creamy Kari Udang, Menu Unik yang Bikin Ketagihanpotret memasak nasi (youtube.com/Deli Cuisine)

Ambil 250 gram beras, lalu cuci hingga bersih. Jika sudah, masukkan beras ke dalam wajan bersama campuran paprika yang telah ditumis. Aduk sebentar hingga merata.

Setelah itu, tambahkan bumbu dengan takaran yang sama, seperti udang, di antaranya garam, lada, jahe, bawang putih bubuk, daun bawang, dan bubuk kari. Kemudian, tuang setengah liter air, lalu aduk hingga rata. Tutup panci dan masak selama 10 menit.

5. Sajikan nasi creamy kari udang selagi hangat

Resep Nasi Creamy Kari Udang, Menu Unik yang Bikin Ketagihanpotret nasi creamy udang dan kari (youtube.com/Deli Cuisine)

Jika nasi sudah muncul di permukaan dan air menyusut, itu tandanya sudah matang. Buka penutup panci, lalu aduk sebentar. Kemudian, masukkan udang yang telah ditumis dan krim cair.

Aduk kembali dan biarkan mengental dan sedikit menyusut selama kurang lebih 5 menit. Akhirnya, nasi creamy kari udang siap disajikan. Sangat nikmat disantap saat hidangan masih hangat, lho!

Nasi creamy kari udang bisa kamu buat saat ingin mencoba hidangan baru dan berbeda dari biasanya. Cocok jadi menu utama untuk kamu dan keluarga di rumah. Selamat mencoba, ya!

Baca Juga: Nasi Puyung, Nasi Balap Kuliner Khas Lombok Terpedas 

EL Photo Verified Writer EL

Thanks for coming hehe

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya