Comscore Tracker

5 Tips Menggoreng Ikan agar Tidak Lengket di Wajan, Catat Biar Ingat! 

Terapkan ini biar ikanmu gak hancur waktu digoreng

Ikan merupakan salah satu sumber protein hewani yang digemari masyarakat Indonesia selain daging dan telur. Menu olahan berbahan ikan yang paling sederhana dan tidak memerlukan waktu yang lama adalah ikan goreng.

Meski terbilang mudah, masih ada saja yang sering hancur atau kesulitan saat menggoreng ikan. Nah, biar kamu bisa menggoreng ikan yang matang sempurna tanpa merusak bentuk ikannya, berikut ada beberapa tips yang wajib kamu terapkan.

Penasaran apa saja? Yuk simak selengkapnya pada ulasan berikut ini. Keep reading! 

1. Pastikan wajan yang digunakan bersih dari minyak ataupun noda yang menempel  

5 Tips Menggoreng Ikan agar Tidak Lengket di Wajan, Catat Biar Ingat! mydomaine.com

Mengunakan wajan khusus memang terbukti menjadi pilihan yang tepat untuk menggoreng ikan tanpa harus meninggalkan sisa lengket di wajan. Namun, kamu juga bisa kok menggoreng ikan dengan sempurna meski hanya mengandalkan wajan biasa. 

Hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah kebersihan dari wajan yang digunakan. Pastikan bahwa wajan yang kamu gunakan tersebut terbebas dari noda atau sisa masakan seperti kecap atau kuah tumisan.

2. Tambahkan asam jawa secukupnya pada bumbu marinasi ikan 

5 Tips Menggoreng Ikan agar Tidak Lengket di Wajan, Catat Biar Ingat! kannammacooks.com

Menambahkan asam jawa pada bumbu marinasi ikan juga terbukti dapat membuat ikan tidak lengket saat di goreng. Selain tidak lengket, asam jawa pun bisa mengurangi bau amis serta menambah cita rasa dari ikan. 

Namun, perlu digarisbawahi bahwa penggunaan asam jawa di sini harus dengan takaran yang tepat. Jika terlalu banyak menambahkannya, efeknya dapat membuat warna kulit ikan terkesan gosong saat digoreng sehingga mengurangi nilai tampilannya.

Baca Juga: 10 Tips Masak Kentang Goreng yang Renyah dan Gurih ala Resto Fast Food

3. Kamu juga bisa menambahkan perasan air jeruk nipis pada minyak 

5 Tips Menggoreng Ikan agar Tidak Lengket di Wajan, Catat Biar Ingat! pixabay.com/moiranazzari

Air jeruk nipis atau lemon biasa digunakan untuk mengurangi bau amis pada ikan. Tidak hanya itu saja, ternyata air jeruk nipis juga bisa mengurangi lengket dan meletupnya minyak saat menggoreng. Hal yang perlu dilakukan hanya mencampurkan minyak dengan beberapa tetes air jeruk sebelum ikan dimasukkan ke dalam wajan.

4. Jangan bolak balik ikan jika belum kuning kecoklatan 

5 Tips Menggoreng Ikan agar Tidak Lengket di Wajan, Catat Biar Ingat! maangchi.com

Kesalahan yang sering membuat ikan lengket di wajan adalah terlalu sering membolak balik ikan saat digoreng. Merekatnya ikan di bagian wajan biasanya akan berkurang bila bagian ikan sudah kering atau matang.

Membolak balik sebelum bagian ikan matang justru bisa menyebabkan bagian kulit ikan tertinggal di bagian wajan, dan membuat bentuk ikan menjadi hancur. 

5. Masukkan ikan ke dalam minyak yang sudah panas 

5 Tips Menggoreng Ikan agar Tidak Lengket di Wajan, Catat Biar Ingat! asianfoodnetwork.com

Ikan cenderung mudah lengket jika sebelum menggoreng, kamu tidak memanaskan wajan terlebih dahulu. Sering disepelekan, ternyata langkah tersebut sangat berperan dalam menjaga tekstur dan bentuk ikan tetap sempurna.

Agar ikan yang kamu masak tidak lengket, kamu harus memanaskan wajan dahulu sebelum menuangkan minyak. Kemudian, tunggu minyak agak panas baru masukkan ikan yang ingin digoreng.

 

Nah, itulah beberapa tips yang harus kamu ikuti agar ikan gorengmu tidak lengket di wajan dan hancur saat digoreng. Langsung praktikkan deh, dijamin ikan gorengmu lebih lezat setelah mengikuti tips ini!

Baca Juga: 10 Tips Memasak Perkedel Kentang yang Enak dan Gak Mudah Ambyar

Yulia Nor Annisa Photo Verified Writer Yulia Nor Annisa

Tulislah agar tidak melupa | Banjarmasin, South Borneo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya