Comscore Tracker

Hari Hemofilia Sedunia: 6 Tokoh yang Mengidap Hemofilia

17 April diperingati sebagai Hari Hemofilia Sedunia

Tanggal 17 April diperingati sebagai Hari Hemofilia Sedunia? Hemofilia sendiri adalah kelainan perdarahan genetik, yang mana darah tidak membeku secara normal. Penyakit ini kebanyakan menyerang laki-laki, meskipun perempuan bisa menjadi carrier atau pembawa sifat.

Banyak public figure atau tokoh publik, mulai dari aktor hingga pemimpin dunia yang ternyata mengidap penyakit keturunan ini. Penasaran? Dilansir Hemophilia News Today dan The Missing Factor, berikut adalah enam tokoh tersebut.

1. Alexandra Borstein

Hari Hemofilia Sedunia: 6 Tokoh yang Mengidap HemofiliaAlexandra Borstein. (commons.wikimedia.org/Gage Skidmore)

Alexandra Borstein atau kerap disapa Alex merupakan komedian, penulis skenario film, aktris, dan pengisi suara yang lahir pada 15 Februari 1972 di Highland Park, Illinois, Amerika Serikat (AS).

Ia dikenal sebagai pengisi suara Lois Griffin dalam serial televisi Family Guy. Alexandra juga menjadi pengisi suara di berbagai serial kartun ternama seperti Casper, Barbie, dan Power Ranger.

Sebagai perempuan yang memiliki gen hemofilia, Alex aktif dalam mengampanyekan kesadaran akan hemofilia kepada masyarakat.

2. Barry Haarde

Hari Hemofilia Sedunia: 6 Tokoh yang Mengidap HemofiliaBarry Haarde. (hemaware.org)

Pesepeda asal AS, Barry Haarde merupakan pengidap hemofilia yang aktif menggalang dana untuk membantu menyebarkan obat ke negara-negara yang tidak mampu untuk membelinya. Barry juga terinfeksi HIV dan hepatitis C setelah menjalani transfusi darah lebih dari 30 tahun yang lalu.

Sebelum meninggal pada tahun 2018, pria yang tinggal di Houston, Texas, AS, ini pernah mencatatkan sejarah sebagai satu-satunya pria penderita HIV, hepatitis C, dan hemofilia yang mampu menempuh bersepeda sejauh 3.667 mil dari Astoria, Oregon, ke Portsmouth, New Hampshire, selama 50 hari. Hebat sekali, ya!

3. Jesse Shrader

Hari Hemofilia Sedunia: 6 Tokoh yang Mengidap HemofiliaJesse Schrader. (cslbehring.com)

Jesse Shrader adalah pemain bisbol profesional yang menderita hemofilia A parah. Pelempar (pitcher) bertangan kidal ini bahkan harus selalu mengompres lengannya setiap selesai pertandingan dan juga harus menjaga tubuhnya secara ekstra.

Meskipun kini ia tidak lagi bermain secara profesional, Jesse masih bermain untuk dua tim bisbol amatir yang berbeda. 

Baca Juga: Selain Hemofilia, Ini 7 Penyakit yang Membutuhkan Transfusi Darah

4. Richard Burton

Hari Hemofilia Sedunia: 6 Tokoh yang Mengidap HemofiliaRichard Burton. (britannica.com)

Richard Burton adalah aktor berbakat asal Wales. Selama 30 tahun kariernya, ia telah membintangi 61 film, 30 drama, dan 6 kali dinominasikan sebagai aktor pemeran utama di pagelaran Academy Awards

Sebagai pengidap hemofilia, Richard  juga mendirikan Richard Burton Hemophilia Fund bersama istrinya, Elizabeth Taylor, pada tahun 1964 yang bertujuan untuk mencari pengobatan bagi pasien hemofilia. Richard meninggal di Swiss pada usia 58 tahun karena stroke.

5. Ryan Wayne White

Hari Hemofilia Sedunia: 6 Tokoh yang Mengidap HemofiliaRyan Wayne White. (thefamouspeople.com)

Ryan didiagnosis mengidap hemofilia A pada usia 3 hari tepat setelah ia mengalami perdarahan hebat akibat proses sunat. Selain itu, Ryan juga didiagnosis AIDS pada tahun 80-an akibat transfusi darah.

Pandangan negatif mengenai AIDS pada masa itu membuat pihak sekolah melarang Ryan untuk bersekolah. Namun, orang tuanya terus berjuang untuk memenangkan gugatan yang mereka ajukan kepada pihak sekolah. Ryan akhirnya meninggal dunia pada usia 19 tahun karena penyakit AIDS.

6. Ratu Victoria

Hari Hemofilia Sedunia: 6 Tokoh yang Mengidap HemofiliaRatu Victoria. (historyextra.com)

Ratu Victoria adalah pembawa sifat hemofilia B yang kemudian penyakit ini ia wariskan kepada dua putri dan satu putranya. Sebagai pembawa sifat hemofilia, dua anak Ratu Victoria, yaitu Alice dan Beatrice, diduga menjadi pihak yang menyebarkan penyakit hemofilia ke Rusia, Spanyol, dan Jerman melalui proses perkawinan.

Putranya, Pangeran Leopold, juga mewariskan penyakit genetik ini ke anak perempuannya. Proses perkawinan antara putri Pangeran Leopold dengan keluarga kerajaan Eropa turut menjadi penyebab lahirnya raja-raja lain yang juga menderita hemofilia, seperti Tsarevich Alexei Nikolaevich. Tak heran jika hemofilia dijuluki sebagai the royal disease atau penyakit kerajaan.

Itulah enam tokoh publik yang mengidap penyakit hemofilia. Meski memiliki keterbatasan, tetapi semangat tidak menghalangi mereka dalam berkegiatan, bahkan bisa menginspirasi orang-orang sehat di luar sana. Kini, pengobatan hemofilia sudah mengalami kemajuan sehingga diharapkan dapat mengurangi rasa sakit yang dirasakan oleh pengidapnya.

Baca Juga: 7 Komplikasi Hemofilia yang Perlu Diwaspadai, Bisa Berbahaya!

Alfadhylla Rosalina Wibisono Photo Verified Writer Alfadhylla Rosalina Wibisono

An ESFP - but sometimes like to be quiet

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia

Berita Terkini Lainnya