TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Konsumsi Junk Food Biar Gak Berujung pada Penyakit Serius

Bisa tetap makan enak tanpa khawatir penyakit berdatangan!

pexels.com/Daria Sannikova

Konsumsi junk food secara berlebihan bisa menimbulkan banyak penyakit. Banyak kandungan di dalamnya yang tidak baik dikonsumsi secara terus-menerus bagi tubuh seperti lemak jahat, kandungan garam yang tinggi, dan masih banyak lagi. Berangkat dari kandungan tadi penyakit serius bisa bermunculan, sebut saja serangan jantung, kerusakan organ vital, hingga berbagai jenis kanker. 

Tapi kabar baiknya kamu bisa lho tetap mngonsumsi junk food dan gak berisiko buruk pada kesehatan. Penasaran bagaimana tipsnya? Simak ulasannya di bawah ini!

1. Meneliti kandungan gizi

pexels.com/Muffin

Jika kamu ingin merubah pola makan junk food demi kesehatan tubuhmu, mulai sekarang lakukan research kecil-kecilan sebelum mengonsumsi makanan enak tersebut. Pastikan kamu mengetahui seberapa banyak kadar lemak, kalori dan kandungan lainnya agar apa yang masuk ke dalam tubuh tetap terkontrol dengan baik. Tindakan ini bisa membuatmu mengetahui seberapa banyak kalori yang harus kamu bakar dengan berolahraga setelah mengonsumsi junk food.

2. Menghindari momen lapar

pexels.com/Malcolm Garret

Mengunjugi restoran makanan cepat saji saat kondisi tubuh lapar merupakan tindakan paling merugikan tubuh. Tidak banyak kandungan karbohidrat dan serat yang bisa membuatmu cepat kenyang. Itu salah satu alasan kenapa kita selalu ingin makan banyak junk food dalam porsi besar. Oleh sebab itu jadikan junk food sebagai makanan ringan yang kamu makan ketika tidak lapar, agar mencegah terjadinya konsumsi yang terlalu banyak.

Baca Juga: 13 Bahaya Makan Fast Food, Ini Sebabnya Makanan Ini Disebut Junk Food 

3. Minum air putih bukan soda

pexels.com/Adrienn

Paket hemat yang tersedia di restoran makanan cepat saji membuat kita mau tidak mau memilih soda sebagai pendamping makanan. Tapi perpaduan soda dan 'makanan sampah' bukan ide bagus untuk kesehatan tubuh. Ganti minumanmu dengan air putih agar tidak menambah beban tubuh untuk bekerja terlalu keras mencerna makanan yang tidak sehat. 

4. Makan secara perlahan

pexels.com/bruce mars

Menerapkan cara makan perlahan dapat membuatmu lebih menikmati dan mendapat rasa kenyang lebih cepat. Otak membutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk mengetahui apakah kita sudah kenyang atau belum. Makanlah dengan perlahan dan rasakan setiap gigitan yang masuk ke mulut kalian dengan nikmat.

Baca Juga: 4 Alasan Junk Food Jadi Pilihan Utama, Nomor 4 Paling Enak!

Verified Writer

alys

find your passion&love to life.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya