TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Hal di Sekitar Kamu yang Jadi Penyebab Asma Bisa Kambuh

Wajib tau bagi kamu yang memiliki riwayat penyakit asma!

ilustrasi penderita asma (medicalnewstoday.com)

Asma merupakan penyakit yang diturunkan dari keluarga dan tidak menular. Jika memiliki orang tua yang mengidap penyakit asma maka kamu memiliki kemungkinan besar untuk mengidap penyakit asma juga.

Asma itu sendiri merupakan penyakit yang menyerang pada bagian pernapasan, sehingga para penderitanya akan mengalami sesak napas. Ini disebabkan oleh adanya peningkatan respon terhadap saluran pernapasan yang ditandai dengan adanya penyempitan saluran napas dan keluarnya lendir yang berlebihan dari kelenjar-kelenjar di dinding saluran napas

Berikut ini 5 penyebab kambuhnya penyakit asma yang harus kamu hindari.

1. Pengaruh lingkungan sekitar

instagram.com/tipsessionscoastaledit

udara yang tidak bersih merupakan pemicuh asma yang sering ditemui. baik itu udara yang tercemar dengan debu, polusi, asap rokok, dan lain-lain. Kamu sebisa mungkin menghindarinya dengan cara menggunakan masker penutup mulut ketika berada di luar rumah, dan untuk di dalam rumah kamu harus rajin membersihkan rumah agar terhindar dari debu. 

2. Flu

Honestdocs

Ternyata flu juga dapat berpotensi membuat asma kumat, karena ketika flu saluran pernapasan kita akan di sumbat oleh lendir-lendir dan akibatnya kita akan menjadi sesak napas. Jadi tetaplah menjaga kesehatan agar terhindar dari penyakit-penyakit sepele yang dapat memicuh kambuhnya penyakit asma.

Baca Juga: Infeksi Saluran Pernapasan: Ini 7 Penjelasan Penyakit Musim Hujan itu

3. Udara yang dingin

fatherly.com

Ternyata suhu udara yang dingin dapat menyebabkan asma kambuh lho guys. Suhu udara di luar ruangan yang dingin, biasanya akan diikuti dengan meningkatnya kadar kelembab udara. Kondisi udara yang lembap ini juga bisa memicu gejala asma. Jadi ketika kamu harus selalu menghangatkan diri agar sebisa mungkin menghindari kambuhnya penyakit asma

4. Makanan

Pixabay.com/Free-Photos

Penyebab kambuhnya asma bisa diakibatkan oleh makanan juga, seperti junk food yang memiliki kadar MSG dan pengawet yang tinggi, coklat, dan kacang yang mengandung alergen, atau minuman dingin. jadi sebisa mungkin kurangi konsumsi makanan-makanan di atas guys.

Baca Juga: Punya Masalah? Tarik Napas dan Lakukan 5 Hal Sederhana Ini

Writer

Nifa

sun

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya