TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kaya Akan Zat Gizi, Ini 5 Manfaat Labu Kuning bagi Kesehatan!

Mampu menghambat penuaan dini

unsplash.com/Gabby Orcutt

Tanaman labu kuning merupakan suatu jenis tanaman yang banyak ditemukan di Indonesia. Pucuk daun dan daun muda dapat digunakan bahan sayuan yang lezat, bisa dimakan sebagai sayuran bersantan, oseng-oseng, atau gado-gado. Selain daun, bagian buah dari labu juga bisa dikonsumsi.

Labu kuning merupakan bahan pangan yang kaya vitamin A, B, dan C, mineral, serta karbohidrat. Kandungan zat gizi yang dimiliki labu kuning tersebut membuatnya memiliki banyak khasiat bagi kesehatan.

Nah, berikut 5 manfaat labu kuning bagi kesehatan!

1. Mencegah penuaan dini

pixabay.com/ivanovgood

Penuaan dini merupakan salah satu masalah kulit yang paling sering ditakuti wanita. Banyak pakar mengatakan biji labu kuning mempunyai potensi untuk mencegah terjadinya penuaan dini. Hal inilah yang membuat biji labu kuning banyak diolah menjadi minyak yang mengandung senyawa-senyawa sebagai anti aging.

Baca Juga: 8 Cara Kreatif Agar Anak Mau Memakan Lebih Banyak Sayuran

2. Sebagai anti kanker

pixabay.com/StockSnap

Secara umum, labu kuning memiliki potensi dan kandungan gizi yang tinggi dan sangat bermanfaat bagi tubuh. Diketahui labu kuning kaya akan kandungan vitamin A, vitamin C, mineral, dan karbohidrat serta antioksidan yang bermanfaat sebagai anti kanker.

Selain itu kandungan serat yang dimiliki labu kuning juga cukup tinggi, sehingga sangat berguna untuk memperlancar pencernaan dan menurunkan risiko kanker.

3. Membantu menurunkan kolesterol

pixabay.com/bearinthenorth

Tak hanya itu, labu kuning juga dapat membantu menurunkan kolesterol. Hal ini dikarenakan labu mengandung vitamin C yang dapat mencegah oksidasi kolesterol jahat. Aktivitas tersebut juga dapat menghambat penggumpalan darah sehingga baik untuk mereka yang menderita pasca serangan stroke.

4. Berfungsi sebagai antioksidan

unsplash.com/christian ferrer

Labu kuning mempunyai kandungan serat pangan dan aktivitas antioksidan yang tinggi. Pada labu kuning mengandung beta karoten sebesar 6,9 mg per 100 gram yang mempunyai kemampuan sebagai antioksidan yang dapat berperan penting dalam menstabilkan radikal bebas.

Baca Juga: 6 Makanan yang Dilarang Dikombinasikan dengan Minuman Bersoda 

Verified Writer

Bife SoE

Suara sumbang dari perempuan Timor!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya