TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Cara Mencegah Mata Lelah pada Pekerja

Menatap layar seharian membuat mata cepat lelah

ilustrasi mata lelah (freepik.com/wayhomestudio)

Mata lelah sering kali menimbulkan rasa tidak nyaman pada mata sehingga dapat mengganggu aktivitas. Menurut Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular (P2PTM) Kemenkes, mata lelah disebabkan oleh penggunaan mata dalam jangka lama tanpa beristirahat. Biasanya, mata lelah dapat hilang dengan sendirinya setelah beristirahat.

Menurut Mayo Clinic, penggunaan komputer menjadi penyebab umum kelelahan pada mata. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah dan menghilangkan ketegangan pada mata.

1. Sering mengedipkan mata untuk menyegarkan mata

ilustrasi menatap layatr komputer (pexels.com/ThisIsEngineering)

Mata lelah dapat menyebabkan mata perih, mata terasa kering atau berair, hingga penglihatan menjadi kabur. Selain pada mata, kamu juga bisa mengalami sakit kepala, sakit leher, atau sakit punggung akibat ketegangan pada mata.  

Ketika menggunakan komputer, banyak orang berkedip lebih sedikit dari biasanya sehingga membuat mata menjadi kering. Berkedip membuat mata menghasilkan air mata sehingga dapat melembapkan mata. Jadi, biasakan untuk lebih sering berkedip saat menatap monitor.

Baca Juga: Apakah Senam Mata Bisa Sembuhkan Mata Minus?

2. Memberi jeda waktu untuk mengistirahatkan mata

ilustrasi melakukan peregangan (freepik.com/jcomp)

Banyak aktivitas sehari-hari yang mengharuskan seseorang menggunakan komputer setiap hari, seperti belajar atau bekerja. Menatap layar komputer selama berjam-jam dapat menyebabkan mata cepat lelah.

Oleh karena itu, penting untuk mengistirahatkan mata sejenak, salah satunya dengan metode 20:20:20. Caranya yaitu mengalihkan pandangan dari layar komputer atau gawai setiap 20 menit dengan melihat objek lain sejauh 20 kaki atau sekitar 6 meter selama 20 detik.

3. Mengatur kenyamanan layar komputer

ilustrasi mata lelah (freepik.com/user18526052)

Ukuran huruf yang terlalu kecil sering kali menyulitkan pengguna komputer untuk membacanya. Selain sulit terbaca, terlalu lama menatap tulisan kecil dapat membuat mata menjadi lelah. Maka dari itu, perbesar ukuran huruf agar lebih mudah dibaca.

Selain itu, mengatur kontras dan kecerahan ke tingkat yang lebih nyaman juga perlu dilakukan. Sebab, kontras dan kecerahan layar monitor yang tidak sesuai juga membuat mata cepat lelah.

4. Mengatur posisi layar

ilustrasi mengetik di komputer (pexels.com/Vlada Karpovich)

Jarak layar komputer yang terlalu dekat selain tidak nyaman di mata juga membuat leher dan punggung sakit. Oleh karena itu, penting untuk mengatur posisi perangkat digital agar mata tidak cepat lelah.

Jarak layar minimal yang disarankan yaitu 40 sampai 50 sentimeter (cm). Menambahkan penjelasan dari laman Healthline, posisi layar sebisa mungkin setinggi mata atau sedikit di bawahnya.

Baca Juga: 7 Penyebab Mata Berkunang-Kunang, Migrain hingga Masalah Otak 

Verified Writer

Dewi Purwati

Health enthusiast

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya