TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Makanan yang Harus Dihindari Jika Asam Uratmu Tinggi, Ada Minuman Soda

Makanan dan minuman manis juga dapat meningkatkan asam urat

ilustrasi makanan penyebab asam urat (pexels.com/Eren Li)

Saat mengalami keluhan nyeri pada sendi akibat gout atau lebih dikenal dengan asam urat, maka ada makanan-makanan tertentu yang harus dihindari. Dengan demikian, kadar asam urat tidak semakin tinggi dan keluhan pun diharapkan dapat reda.

Makanan apa saja yang harus dihindari? Yuk, simak hingga habis untuk tahu jawabannya!

1. Jeroan

ilustrasi jeroan (pixabay.com/Platus)

Jeroan menjadi salah satu makanan yang kaya nutrisi. Namun, konsumsi jeroan harus dibatasi karena mempunyai kadar purin yang tinggi, melansir Healthline.

Jeroan meliputi hati, ginjal, otak, lidah, harus dihindari saat mengalami keluhan gout. Jadi, jika mengalami keluhan gout, hindari jeroan dan mengganti menjadi makanan yang lebih rendah purin.

Baca Juga: Benarkah Sayuran Hijau Menyebabkan Asam Urat? Begini Kata Ahli

2. Daging merah

ilustrasi daging (pexels.com/Kasumi Loffler)

Dilansir WebMD, meskipun kandungan purin daging merah tidak setinggi jeroan, namun daging merah perlu dihindari saat mengalami keluhan nyeri akibat gout. Daging merah seperti daging sapi mempunyai kadar purin yang tinggi.

Tak hanya daging sapi saja, daging domba juga sebaiknya dihindari saat didiagnosis gout. Sebagai alternatif, kamu bisa memilih daging ayam jika ingin tetap mengonsumsi daging, dengan catatan mengonsumsi dalam jumlah terbatas.

3. Hidangan laut

ilustrasi hidangan laut (pexels.com/奥尼尔 孙)

Ikan sarden dan ikan teri memiliki kadar purin tertinggi dari berbagai jenis ikan lainnya, melansir WebMD. Maka, ada baiknya menghindari sementara jenis ikan tersebut ketika mengalami nyeri akibat asam urat tinggi.

Dilansir Healthline, hidangan laut seperti kerang, udang, kepiting, ikan tuna, dan lainnya juga mempunyai kandungan purin tinggi. Jadi, saat mengalami keluhan sebaiknya hindari hidangan laut agar keluhan tidak semakin memburuk.

4. Minuman beralkohol

ilustrasi minuman beralkohol (pexels.com/cottonbro)

Minuman beralkohol seperti bir mengandung kadar purin tinggi sehingga dapat dapat memperburuk keluhan yang terjadi. Penelitian menyebutkan bahwa konsumsi bir saat mengalami serangan gout dapat meningkatkan intensitas nyeri, mengutip Healthline.

Minuman beralkohol dapat mengganggu proses pembuangan asam urat dari tubuh. Kandungan purin yang tinggi pada minuman beralkohol diperkirakan menyebabkan gangguan pada proses pembuangan asam urat.

Baca Juga: Cara Diet untuk Penderita Asam Urat, Anjuran dan Pantangannya

Verified Writer

Dewi Purwati

Health enthusiast

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya