TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Hindari Konsumsi Hati saat Hamil, Ini Bahaya yang Harus Kamu Ketahui

Hati tinggi vitamin A yang berpotensi mengancam kehamilan

ilustrasi olahan hati ayam (pixabay.com/Ирина Александрова)

Olahan jeroan seperti hati memang memiliki cita rasa yang khas. Di samping itu, jenis jeroan ini juga padat nutrisi yang bisa bantu penuhi kebutuhan harian.

Sayangnya, hati dan produk olahan yang mengandung hati adalah salah satu makanan yang tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Ini karena kandungan nutrisi di dalamnya yang berpotensi bahaya bagi kehamilan. Nah, biar makin paham kenapa hati tidak direkomendasikan untuk kehamilan, yuk, simak lebih lanjut penjelasan di bawah ini. 

1. Kandungan nutrisi hati

ilustrasi olahan hati (pixabay.com/Wolfram Strachwitz)

Pada dasarnya, hati adalah makanan tinggi nutrisi. Bahkan, beberapa kandungan gizinya bisa membantu memenuhi kebutuhan harian yang diperlukan oleh ibu hamil. Termasuk di antaranya adalah zat besi, vitamin A, protein, dan asam folat yang tersedia dalam jumlah melimpah.

Dalam kehamilan, protein dan asam folat berperan penting untuk mendukung pertumbuhan janin. Sedangkan zat besi, berperan untuk memastikan pembentukan hemoglobin yang cukup dalam darah sehingga dapat mencegah anemia yang cukup sering dialami bumil.

Sementara itu, vitamin A juga tersedia dalam jumlah yang sangat banyak. Ini bermanfaat untuk perkembangan mata dan tulang bayi, menjaga sistem kekebalan tubuh, serta menjaga metabolisme ibu hamil. 

Baca Juga: Apakah Stres pada Ibu Hamil Pengaruhi Kondisi Mental Anaknya Kelak?

2. Kenapa ibu hamil sebaiknya menghindari konsumsi hati?

ilustrasi olahan hati (pixabay.com/ran)

Sayangnya, meski tinggi nutrisi, hati mengandung vitamin A yang berbentuk retinol. Kandungan ini bisa sangat berbahaya bagi janin yang sedang berkembang dalam rahim. Misalnya pada hati sapi.

Dilansir Baby Center, dalam satu porsi hati sapi mengandung lebih dari tujuh kali asupan vitamin A harian yang direkomendasikan untuk ibu hamil. Jumlah ini mungkin berbeda pada hati yang berasal dari sumber lain, seperti ayam, babi, atau angsa. Namun, walaupun sedikit, kandungan vitamin A dalam hati tetap berbahaya karena berupa bentuk "preformed", yaitu retinol.

Laman Baby Center dan Mom Junction melansir,  kandungan retinol dalam kadar tinggi dapat berpotensi menyebabkan keguguran dan cacat lahir bayi, terutama pada beberapa bulan pertama kehamilan. Cacat ini dapat berupa mutasi, atau bahkan menyebabkan perkembangan sel kanker.

Selain itu, vitamin A juga dapat larut dalam lemak. Ini artinya, ketika tak dibutuhkan oleh tubuh, vitamin A akan diserap dan disimpan dalam tubuh. Jika kadarnya terlalu tinggi, ini bisa menjadi racun.  

Baca Juga: Ibu Hamil Tak Direkomendasikan Konsumsi Tauge Mentah, Kenapa?

Verified Writer

Dwi wahyu intani

@intanio99

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya