TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Minuman dan Makanan yang Cocok untuk Mengatasi Morning Sickness

Sebagian mudah ditemui, kok

ilustrasi ibu hamil (pexels.com/Negative Space)

Bagi bunda yang sedang dalam masa kehamilan terutama di trimester awal, pasti akan mengalami morning sickness. Morning sickness adalah rasa mual hingga muntah yang dialami oleh ibu hamil yang sering terjadi di pagi hari.

Namun, bunda tidak perlu khawatir, karena morning sickness yang dialami ibu hamil akan menghilang saat memasuki trimester kedua. Nah, permasalahannya, bagaimana cara mengatasi morning sickness tersebut yang seringkali membuat bunda kesulitan untuk beraktivitas?

Bunda bisa mengatasi dengan makanan atau minuman yang akan direkomendasikan dalam ulasan ini. Simak, yuk!

1. Kue jahe

ilustrasi kue jahe (pexels.com/Josh Sorenson)

Ketika kamu merasa mual dan ingin muntah saat sedang hamil, kamu bisa mulai ngembil makanan yang dianjurkan, tidak boleh asal-asalan. Nah, salah satu camilan yang bisa kamu konsumsi ketika merasakan morning sickness yaitu kue jahe.

Dikutip dari First Cry Parenting, kue jahe memiliki sumber bagi glukosa dan karbohidrat yang baik. Kamu bisa membuat kue jahe di rumah dengan cara yang mudah dan bisa ditemukan melalui internet.

Kenapa harus konsumsi kue jahe? Karena, jahe bisa membantu melawan rasa mual, sementara kue membuat kamu merasa kenyang karena memiliki kalori. Namun, kamu perlu memakan kue jahe sewajarnya, jangan berlebih.

2. Biskuit asin

ilustrasi biskuit asin (pexels.com/Pixabay)

Rasa mual yang diakibatkan oleh morning sickness akan terjadi di pagi hari. Untuk mengantisipasi rasa mual hingga kemungkinan muntah ini, kamu bisa siapkan setoples biskuit di dekat kasur kamu.

Sehingga, ketika kamu mulai mual di pagi hari, kamu bisa langsung melahap biskuit tersebut. Berdasarkan situs parents, perut kosong akan membuat rasa mual naik. Jadi kamu perlu segera mengisi perut dengan camilan yang tepat.

Namun, tidak semua biskuit bisa kamu konsumsi, ya. Menurut Miriam Erick, M.S, R.D.N, seorang penulis dari Managing Morning Sickness, kamu perlu siapkan biskuit yang memiliki rasa asin. Semakin asin, maka semakin bagus.

3. Makanan mengandung vitamin B6

ilustrasi kacang-kacangan (pexels.com/Anna Tarazevich)

Merasa mual dan bolak balik ke kamar mandi untuk muntah akan membuat bunda merasa lelah dan capek. Tetapi, bunda bisa atasi dengan makanan yang mengandung vitamin B6. 

Dikutip dari Parents, terdapat penelitian yang menunjukkan bahwa vitamin B6 ini bisa mengurangi mual dan muntah selama masa kehamilan. Kamu bisa temukan vitamin B6 dalam makanan seperti kacang-kacangan, sereal, ayam, pisang, kentang, dan lainnya.

Namun, kamu perlu konsultasi kepada dokter terlebih dahulu sebelum memilih makanan mengandung vitamin B6 agar lebih aman bagi ibu dan janin, ya.

4. Limun

ilustrasi minuman limun (pexels.com/Sarah Chai)

Jika kamu ingin mengatasi morning sickness dengan minuman, maka minuman limun atau lemonade bisa menjadi jawabannya. Rasa minuman ini cenderung manis dan nikmat untuk dikonsumsi.

Dikutip dari First Cry Parenting, limun kaya akan vitamin C dan antioksidan yang maksudnya bersifat basa dan rendah kalori. Sehingga, minuman limun bisa membantu tubuh kamu untuk meningkatkan penyerapan zat besi.

Pada umumnya, pembuatan limun hanya membutuhkan air dan gula saja. Untuk ibu yang sedang dalam masa kehamilan, lebih baik hindari penggunaan gula.

Baca Juga: 7 Manfaat Minum Susu Kedelai untuk Ibu Hamil, Jaga Kesehatan!

Verified Writer

Fajrina Annisa

I write what I like and what I see.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya