TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Runners, Catat Ya! Ini Hal yang Harus Kamu Persiapkan Sebelum Ikut Lomba Lari

Supaya makin siap saat lomba guys

IDN TImes/FWD

Makin ke sini, masyarakat mulai menyadari pentingnya hidup sehat. Termasuk dengan berolahraga. Nah, salah satu gerakan olahraga yang lagi banyak digandrungi orang adalah lari. Saking ngetrennya, hampir setiap akhir pekan ada saja lomba lari diadakan. Peserta yang ikut pun gak tanggung-tanggung, terkadang ada yang berasal dari luar negeri.

Buat kamu yang sudah mulai rutin lari, tentu ingin tahu dong kemampuanmu apakah mencapai garis finish atau engga. Nah, kali ini IDN Times bakal ngebahas secara khusus mengenai persiapannya nih. Hmm, kira-kira apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum mengikuti lomba lari? Yuk, simak tipsnya berikut ini!

1. Persiapkan diri dengan latihan secara rutin

medicalnewstoday.com

Perlu dicatat nih guys, hanya karena kamu sudah rutin jogging hampir tiap hari, bukan berarti kamu langsung bisa mengikuti maraton yang berjarak 42,19km. Salah satu latihan yang paling efektif adalah dengan meningkatkan total jarak tempuh lari kamu per minggu.

Misalnya untuk pemula, total jarak yang harus kamu capai dalam seminggu adalah 5-10 km. Setiap minggu kamu bisa meningkatkan total jarak tersebut secara berkala, semisal jadi 7-12 km. Sedikit demi sedikit, tubuh kamu jadi makin terbiasa dengan penambahan jarak tersebut dari segi fisik hingga kapasitas paru-paru kamu.

Selain sekadar lari, mencatat waktu tempuh saat lari juga penting lho. Sehingga tiap minggunya kamu jadi tahu berapa target waktu tempuh yang harus kalahkan. Diharapkan sih dengan begini, kamu bisa memperbaiki catatan waktumu.

2. Perhatikan makanan yang kamu konsumsi

besthealthmag.ca

Apa yang kamu makan akan menentukan apakah latihan yang kamu jalani selama ini berhasil apa tidak. Supaya kau tetap memiliki cukup energi saat lari, terutama jika lebih dari 60 menit, kamu butuh asupan makanan.

Idealnya, kamu butuh asupan makanan yang kandungan karbohidratnya tinggi serta rendah serat. Pastikan kamu mengonsumsinya tiga hingga empat jam sebelum kamu lari. Fungsinya agar makanan tersebut tercerna dengan baik sehingga perutmu gak sakit. Makanan seperti pisang dan telur rebus juga terbukti mampu memperpanjang kadar energimu saat lari lho.

Saat lari pun kamu juga perlu mengonsumsi air yang cukup dengan air putih atau pun energy drink. Tentu gunanya adalah untuk mengganti cairan tubuh yang hilang atau sekadar membasahi dirimu agar kembali segar.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya