TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Manfaat Bunga Asoka, Mampu Atasi Hipertensi Hingga Pembengkakan

Gak nyangka ya bisa memiliki khasiat hebat

agrowindo.com

Dianggap sakral di India dan Nepal, pohon dan bunga Asoka nyatanya banyak digunakan sebagai tanaman hias oleh masyarakat di nusantara. Berwarna menggoda dan bergerombol, bunga asoka juga dikenal memiliki banyak manfaat kesehatan. Tak heran, bunga asoka memiliki banyak kandungan antara lain: zat besi, saponin, flavanoid, hematoksilin dan tanin, serta zat penting lainnya.

Selain dipercaya mampu mengatasi gejala darah tinggi dan pembengkakan, berikut ini beberapa manfaat bunga asoka untuk kesehatan.

1. Meredakkan stres dan menenangkan otot rahim

Pixabay.com/Greyerbaby

Bagi kaum wanita, stres pada bagian sensitif bisa saja terjadi karena banyak sebab. Stres yang terlalu tinggi akan membuat otot-otot rahim terganggu sehingga membuat haid tidak teratur. Dengan mengonsumsi bunga asoka, khasiatnya tentu saja akan menenangkan otot rahim sehingga terbebas dari stress dan membuat siklus haidmu tetap lancar.

Baca Juga: 7 Manfaat Ginkgo Biloba, Tanaman Tertua di Dunia

2. Mengobati diare alias mencret

healthline.com

Terkadang, asupan makanan yang kamu konsumsi tidak cocok dengan kondisi perut. Akibatnya, diare alias mencret akan menjadi masalah serius yang cukup mengganggu aktivitasmu. Untuk mengatasi diare berkepanjangan, kamu wajib mengonsumsi bunga asoka yang sudah direbus bersama air.

3. Mampu menambah nafsu makan

YouTube.com/Nicocado Avocado

Karena nafsu makan seseorang naik turun tergantung mood, maka biasanya banyak orang mencari solusi agar nafsu makan meningkat. Sebagai salah satu solusinya, kamu bisa mencoba bunga asoka yang dikenal memiliki khasiat merangsang nafsu makan. Nafsu makan yang tinggi diimbangi juga dengan makanan yang sehat dan porsi yang terjaga.

4. Mampu menghentikan pendarahan dengan cepat

doctordoctor.com.au

Tak hanya melancarkan haid, bunga asoka juga mampu menghentikan pendarahan dengan cepat. Kamu yang mengalami pendarahan akibat luka luar yang cukup parah bisa memanfaatkan bunga asoka sebagai alternatif pengobatan alami.

Baca Juga: 5 Manfaat Blackberry, Si Hitam yang Sangat Berguna Bagi Tubuh

Verified Writer

Iip Afifullah

Someone

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya