TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Gaya Hidup Sehat ala Orang Italia, Negara Tersehat Ke-2 di Dunia 

Patut ditiru masyarakat Indonesia, nih

uplifers.com

Indeks Negara Tersehat Bloomberg edisi 2019 menempatkan Italia sebagai negara tersehat ke-2 di dunia, menyusul Spanyol yang menempati urutan pertama. Banyak faktor yang dinilai sehingga akhirnya menempatkan negara tersebut dikategorikan negara tersehat di dunia.

Lalu, gaya hidup seperti apa yang dilakukan warganya? Dilansir dari berbagai sumber, inilah gaya hidup yang dilakukan orang Italia. Mari simak pembahasannya.

1. Melakukan diet mediterania

goodhousekeeping.com

Diet mediterania merupakan diet yang memfokuskan pada mengonsumsi makanan nabati seperti kacang-kacangan, sayuran, lemak sehat, mengonsumsi minyak zaitun yang merupakan sumber lemak tak jenuh, dan buah-buahan. Masyarakat Italia pun telah terbiasa melakukan diet sehat ini.

Berbagai manfaat bisa didapat dari diet sehat ini, seperti mencegah kardiovaskular, menekan kadar kolesterol jahat dan terbukti masyarakat Italia 30% lebih rendah terkena jantung dan stroke. Jadi, wajar saja jika Italia menempati negara tersehat, ya.

Baca Juga: Tetap Sehat di Usia Lanjut, Millennials Perlu Persiapkan 5 Hal Ini

2. Memiliki batasan waktu untuk memegang gadget

smallbusiness.chron.com

Memegang gadget memiliki arti luas, mulai dari sekedar main game, stalking instagram, chatting-an, ataupun untuk urusan pekerjaan. Nah, orang Italia tidak seperti mayoritas di Indonesia yang menghabiskan waktu untuk memegang gadget.

Mereka lebih senang untuk bercengkrama dan berkomunikasi secara langsung. Terlebih ketika sedang bersama keluarga. Wah, patut ditiru, ya. 

3. Minum sedikit kafein di pagi hari dan wine di malam hari

pixabay.com/Free-Photos

Nah, kebiasaan lain orang Italia ialah minum kopi maksimal satu gelas saja saat pagi hari dan wine, mereka nikmati hanya 1-2 gelas pada saat malam hari. Mereka menganggap bahwa hidup sehat dan bahagia itu bukan dinikmati dengan cara yang berlebihan.

4. Berjalan-jalan santai sebelum makan malam

pixabay.com/MabelAmber

Gaya hidup sehat ala Italia lainnya yang patut kamu tiru juga nih, mereka selalu melakukan jalan-jalan santai dengan keluarga atau tetangga sebelum menyantap makan malam.

Karena hal tersebut dianggap bermanfaat untuk kesehatan tubuh seperti menghilangkan stres dan membuat tubuh menjadi lebih rileks.

Baca Juga: 9 Efek Buruk untuk Kesehatan Jika Kamu Malas Sarapan, Pahami Ya!

Verified Writer

Ineu Nursetiawati

Menulis adalah bekerja untuk keabadian بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya