TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Kebiasaan ini Bikin Wajah Cepat Keriput & Kusam, Lho!

Gak mau dong muka terlihat tua sebelum waktunya!

mamabee.com

Keriput dan wajah kusam pasti bukan hal yang diharapkan oleh semua orang, utamanya wanita. Tak hanya faktor usia yang menyebabkan keriput dan wajah kusam. Hal-hal sepele yang kerap kita lakukan setiap hari pun bisa menjadi penyebabnya.

Inilah beberapa faktor yang menyebabkan wajah kamu cepat keriput dan kusam.

1. Mengonsumsi makanan mengandung gula terlalu banyak

pixabay.com/StockSnap

Ternyata, terlalu banyak bahkan sering mengonsumsi makanan atau minuman mengandung gula penyebab juga, lho. Hal tersebut karena gula mengandung molekul seperti kolagen yang dapat menempel pada  kulit dan menyebabkan kulit kaku, kendur dan keriput.

2. Saat keluar ruangan tidak menggunakan tabir surya

pixabay.com/sasint

Sebagai penduduk Indonesia yang beriklim tropis, matahari adalah penyebab utama kulit keriput dan kusam, terlebih ketika tidak menggunakan tabir surya. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, gunakan tabir surya dengan SPF 30.

Baca Juga: Tak Mudah Keriput, Ini 5 Fakta Kulit Orang Asia yang Perlu Kamu Tahu!

3. Merokok

pixabay.com/Free-Photos

Merokok pun ternyata menjadi penyebab wajah cepat keriput dan kusam. Melansir dari Womens Health, ternyata merokok penyebab paling umum kulit wajah menjadi keriput. Selain itu, merokok juga menyebabkan dehidrasi pada kulit sehingga kulit menjadi kering.

4. Terlalu banyak mengonsumsi minuman beralkohol

pixabay.com/Alexas_Fotos

Penyebab lainnya dari wajah cepat keriput dan kusam adalah terlalu banyak mengonsumsi minuman beralkohol. Hal tersebut karena minuman beralkohol membuat kulit menjadi dehidrasi. Selain itu, akan membuat nutrisi vitamin A dalam tubuh semakin menyusut, padahal nutrisi tersebut untuk regenerasi sel kulit baru dan antioksidan.

5. Kurang tidur

pixabay.com/Free-Photos

Tidur yang sehat ialah antara 7-8 jam/hari. Ketika kualitas tidur kamu tidak bagus berpengaruh juga terhadap kondisi kulit, seperti muncul kantung mata, kerutan dini dan kulit menjadi kendur.

6. Menggunakan kosmetik secara berlebihan

pixabay.com/kaboompics

Ada baiknya kamu para ladies tidak menggunakan make up terlalu tebal dan setiap saat. Karena kulit wajah kamu tidak mendapatkan oksigen dengan baik dan sulit bernafas.

Baca Juga: 6 Makanan Ini Bisa Bikin Cepat Keriput Lho, Jangan Sering-sering!

Verified Writer

Ineu Nursetiawati

Menulis adalah bekerja untuk keabadian بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya