TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kisaran Biaya Tes DNA di Puskesmas, Lengkap dengan Fungsinya

Tidak ditanggung BPJS, ya

ilustrasi tes darah (unsplash.com/National Cancer Institute)

Tes DNA kerap dipilih sebagai salah satu cara untuk mengetahui banyak hal terkait genetik seseorang. Termasuk garis keturunan bahkan riwayat penyakit genetik.

Melibatkan uji laboratorium, banyak yang bertanya-tanya terkait biaya tes DNA. Apakah mahal dan di mana bisa melakukannya? Berikut informasi yang kamu perlukan seputar pengertian, biaya tes DNA di Puskesmas, hingga fungsinya.

Baca Juga: 6 Manfaat DNA Salmon untuk Kulit, Bikin Lebih Sehat

Apa itu tes DNA?

Tes DNA atau yang juga disebut genetic testing merupakan tes medis untuk mengidentifikasi mutasi pada gen, kromosom, hingga protein, melansir Cleveland Clinic. Dari bagian tersebut akan didapat banyak informasi tentang diri kita.

Tes genetik dilakukan dengan mengambil sampel tubuh mulai rambut, darah, kulit, jaringan, hingga cairan ketuban. Ada beberapa jenis pelaksanaan tes DNA, mulai dari tes pranatal hingga pengujian prediktif untuk mendeteksi penyakit tertentu.

Fungsi tes DNA

ilustrasi DNA (pixabay.com/qimono)

Dari seluruh bagian tubuh yang dikumpulkan, akan digali informasi sesuai kebutuhan. Misalnya, skrining bayi baru lahir untuk mengetahui kondisi genetik, metabolisme, dan terkait hormon tertentu.

Selain itu, bisa juga dilakukan untuk pengujian diagnostik. Metode ini dilakukan untuk memastikan atau menyingkirkan penyakit genetik tertentu maupun masalah kromosom. Nah, pengujian alias tes DNA bisa dilaksanakan secara berbeda dengan fungsi yang bervariasi.

Baca Juga: Benarkah Genetik Bisa Memicu ADHD? Ini Penjelasannya

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya