TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Gejala Emfisema yang Harus Kamu Cermati, Paru-parumu Bisa Rusak

Cegah sejak dini sebelum terlambat

Pixabay/kalhh

Emfisema merupakan salah satu penyakit kronis pada paru-paru yang membuat kerusakan pada kantong udara. Organ paru-paru seketika akan membesar akibat udara yang masuk tetapi terhambat keluar. Biasanya, emfisema menyerang para perokok berat.

Hal ini mengakibatkan seseorang sesak napas sehingga harus segera ditangani secara medis. Berikut ini lima gejalanya.

1. Sulit bernapas

Pexels/Oleksandr Pidvalnyi

Emfisema punya gejala sulit bernapas bersamaan dengan rasa sakit di dada. Untuk mencegahnya kamu perlu melakukan olahraga secara rutin dan hindari udara dingin. 

3. Terserang batuk

ideahacks.com

Batuk tidak hanya terjadi karena flu, tetapi juga bisa akibat emfisema. Seorang dengan emfisema akan merasakan sesak napas, batuk tiada henti, dan sakit pada bagian dada. Untuk mengantisipasi agar tidak lebih parah disarankan berhenti merokok dan minum alkohol. 

3. Mudah lelah

Pixabay/Free-Photos

Seorang dengan emfisema akan merasakan sesak napas dan kelelahan yang luar biasa. Oleh karena itu, perbanyak minum air putih untuk meningkatkan metabolisme tubuh agar terhindar dari emfisema. 

4. Berat badan turun

Pexels/rawpixel.com

Gejala lainnya dari emfisema yaitu berat badan turun karena nafsu makan juga turun. Mulailah mengonsumsi makanan yang menambah nafsu makan, baik itu buah atau sayuran. Jangan lupa juga tetap rajin berolahraga. 

Verified Writer

Martha Telaumbanua

Menginspirasi dengan berkarya:)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya