TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Posisi Sujud yang Benar untuk Bayi Melintang atau Sungsang

Posisi ini bisa membuat bayi berpotensi berputar

ilustrasi ibu hamil melakukan posisi sujud atau open-knee chest (pexels.com/Gustavo Fring)

Melahirkan dengan jalan normal atau melalui vagina menjadi dambaan bagi beberapa perempuan. Namun, untuk bisa mencapai hal tersebut, beberapa syarat harus terpenuhi agar bisa melahirkan bayi dengan sehat dan selamat. Salah satunya memastikan posisi bayi di dalam perut tidak melintang atau sungsang.

Sungsang (breech birth) merupakan kondisi ketika kepala janin tetap berada di atas saat usia kehamilan mencapai 36 minggu. Sebenarnya dalam beberapa kasus ibu hamil bisa saja melahirkan normal dalam keadaan tersebut, tetapi ini cukup sulit dan berisiko.

Ibu hamil masih punya kesempatan untuk mengubah kepala bayi menghadap ke bawah jika terdeteksi secara dini. Mereka bisa melakukan gerakan layaknya sujud atau open-knee chest.

Baca Juga: Bayi Sungsang: Penyebab, Jenis, Komplikasi, dan Prosedur Penanganan

Tanda-tanda posisi janin melintang

ilustrasi foto USG janin (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Ibu hamil bisa mengetahui posisi sungsang bayi dari dokter. Ada beberapa tanda klasik, meskipun kadang samar-samar, bahkan terdeteksi saat melahirkan.

Berikut adalah tanda-tandanya, yang dikutip dari laman Huggies:

  • Bisa didiagnosis melalui USG.
  • Kepala bayi ada di bagian atas rahim, yang mana itu akan terasa keras, bertulang, dan dapat bergerak bebas dari sisi ke sisi, dikenal sebagai ballottable. Bagian bawahnya akan terasa lebih lembut dan tidak beraturan (tidak bergerak sebebas kepala bayi).
  • Ibu hamil mungkin mengeluh seperti ada sesuatu yang keras di bawah tulang rusuknya.
  • Detak jantung janin tidak normal.
  • Jika selaput ketuban pecah, terdapat mekonium yang kental. Mekonium merupakan feses pertama bayi. Jika anus bayi dekat dengan vagina ibu, mekonium akan mudah terlihat.
  • Prolaps tali pusat (kondisi tali pusat bayi turun melewati janin, menutupi jalan lahir, atau bahkan keluar lebih dulu daripada janin).
  • Tungkai atau kaki dilahirkan terlebih dulu.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya