TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Umur 111 Tahun, Orang Tertua di Australia Ini Masih Sering Nge-Gym 

Catherina rajin nge-gym 2 hingga 3 kali seminggu

Catherina van der Linden, perempuan yang tinggal di Australia Selatan, diyakini menjadi orang tertua di Australia. Usianya 111 tahun. (southerncrosscare.com.au)

Catherina van der Linden, seorang perempuan Australia Selatan, diyakini sebagai orang tertua di Australia. Dia baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke-111 pada Sabtu (26/8/2023), bersama keempat anaknya, 10 cucu, dan 15 cicit. Dia juga diyakini sebagai orang Belanda tertua di dunia.

Keluarga Catherina menerima email pada hari ulang tahunnya yang ke-110 tahun lalu pada 2022, yang memberi tahu mereka bahwa ibu mereka adalah orang terbaru dan tertua yang masih hidup di Australia.

Baca Juga: 6 Cara Menjaga Kesehatan Lansia agar Tetap Bugar di Usia Senja

Panjang umur berkat gaya hidup aktif

Catherina van der Linden saat merayakan ulang tahun yang ke-110. (southerncrosscare.com.au)

Perempuan kelahiran tahun 1912 ini mengatakan bahwa umur panjangnya berkat gaya hidup aktifnya, yang masih mencakup beberapa sesi gym dan jalan kaki setiap minggunya.

“Aku kadang memaksakan diri ketika saya mulai sedikit lelah dan aku pikir sudah waktunya untuk melakukan sesuatu pada diri sendiri untuk memastikan bahwa aku masih memiliki energi yang kumiliki sebelumnya,” kata Catherina dilansir ABC.

“Aku masih mengendarai sepeda, terkadang selama 10 menit dan itu adalah waktu yang lama untuk dihabiskan dengan sepeda.”

Catherina dikabarkan bermigrasi ke Australia bersama suami dan keluarga mudanya pada tahun 1955 dan pernah bekerja sebagai pemetik anggur, asisten perawat, dan juru ketik.

Saat ini, dia mengatakan dia menikmati bersosialisasi dengan keluarga, teman dan sesama penghuni di West Beach Residential Care Southern Cross Care, Australia, di mana dia tinggal.

Putri tertua Catherina, Mariella Hocking, mengatakan bahwa ibunya masih menikmati menjaga kebugaran dan kesehatannya.

"Ibu mempunyai seorang bibi yang juga hidup sampai usia 110 tahun, namun semua saudara laki-laki, saudara perempuan, bibi, pamannya, semuanya hanya hidup sampai usia 60-an dan awal 70-an," kata Mariella kepada ABC.

Manajer West Beach Residential Care, Catherine Willoughby, mengatakan bahwa Catherina menginspirasi penghuni lain di fasilitas tersebut untuk tetap aktif.

"Dia masih berjalan-jalan secara teratur di sekitar fasilitas, membuka pintu keluar dan berkeliling, kami sebenarnya memiliki beberapa penghuni baru yang mulai melakukan rutinitas yang sama," kata Willoughby.

“Dia menyukai gym, dia pergi ke gym dua atau tiga kali seminggu. Aku pikir sungguh menakjubkan bahwa dia berusia 111 tahun dan fakta bahwa dia masih sangat mobile dan masih sangat waspada dan berorientasi pada apa yang terjadi di sekitarnya."

Nasihat dari Catherine adalah puaslah dengan apa yang diberikan kehidupan kepada kita.

“Kadang-kadang hal itu tidak terlalu baik dan kadang-kadang itu lebih baik, tetapi kamu harus menerima keburukan dengan kebaikan juga dan hal ini bisa membuat hidup menjadi menyenangkan,” katanya.

“Teruslah bergerak, jangan duduk diam.”

Baca Juga: 5 Tips Panjang Umur ala Dokter Saraf Usia 101 Tahun

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya