TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Hal Penting pada Informasi Nilai Gizi di Kemasan Makanan, Ketahuilah

Berikut ini panduan dan penjelasan selengkapnya

gomacro.com

Setiap keterangan yang ada di produk makanan dan minuman sangat penting buat kamu yang punya kondisi medis tertentu atau yang sedang membatasi jumlah asupan kalori. Dilansir dari berbagai sumber, coba perhatikan beberapa poin berikut sebelum membeli produk!

1. Label Khusus

Sumber Gambar: huffingtonpost.ca

Setiap produk kemasan dilengkapi dengan logo-logo tertentu, seperti logo halal, mengandung protein dan lain sebagainya. Nah, kalau sudah tahu kebutuhan khusus masing-masing, perhatikan lagi ya logo-logo penting di produk yang kamu konsumsi.

2. Jumlah sajian per kemasan

communitytable.parade.com

Bagian ini menunjukkan jumlah takaran saji yang terdapat dalam satu kemasan produk. Namun harus kamu perhatikan bahwa setiap label informasi nilai gizi di sana merepresentasikan kandungan nutrisi untuk satu sajian, bukan satu kemasan.

Baca Juga: Tanggal Kedaluwarsa di Air Mineral Kemasan Sebenarnya Buat Apa Sih?

3. Kalori total per sajian

chicagotribune.com

Kalori total per sajian yang tertulis adalah untuk satu porsi saja. Semakin banyak kamu mengonsumsi, semakin banyak kalori yang kamu dapatkan. Eh, produk yang bebas lemak belum tentu bebas kalori ya.

4. Kamu juga perlu tahu soal Angka Kecukupan Gizi (AKG)

blog.grocerymarket.ca

Gunakan informasi ini untuk memilih makanan yang tinggi nutrisi dan mengurangi konsumsi makanan yang rendah nutrisi. Jangan sampai persentase karbohidrat, protein, dan lemak melebihi batas porsi kebutuhan tubuh per hari ya.

5. Kandungan Nutrisi

healthambition.com

Konsumsilah produk dengan jumlah kandungan nutrisi cukup. Kandungan gula tambahan dan garam (natrium/sodium) tidak boleh melebihi 5 persen AKG karena dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, hipertensi, dan kanker. Vitamin, protein, mineral, dan serat sebesar 20 persen atau lebih.

Baca Juga: Berapa Lama Air Putih Kemasan Akan Bertahan 'Sehat' Setelah Dibuka?

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya