TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Tetap Segar Selama Berpuasa di Bulan Ramadan

#RamadanMasaKini Untuk ibadah puasa yang lebih baik

Pixabay/xusenru

Bulan Ramadan adalah waktu dimana dalam satu bulan penuh umat Islam diwajibkan berpuasa. Berpuasa tidak boleh jadi alasan bagi umat Islam untuk malas bekerja.

Untuk tetap segar dan semangat bekerja, 5 cara sederhana ini wajib kamu ikuti.

1. Minum dengan pola 242

via pexels.com

Walaupun berpuasa, tubuh harus tetap mendapatkan asupan air putih yang cukup. Minum dengan pola 242 dapat menjaga asupan cairan selama puasa.

Kita dapat mengatur konsumsi air dengan minum 2 gelas air putih saat berbuka, 4 gelas saat makan malam dan 2 gelas air putih saat sahur.

2. Jaga asupan buah

via pexels.com

Saat berpuasa, tubuh kita diminta untuk bertahan tanpa air dalam waktu yang lama. Guna mengimbangi terkurasnya stamina dan untuk mengembalikan tubuh pada kondisi optimal, dibutuhkan asupan-asupan buah selepas berbuka puasa.

Buah yang dapat dikonsumsi setelah berbuka puasa seperti kurma, semangka, jeruk, dll

3. Tetap berolahraga

via pexels.com

Berpuasa bukan alasan bagi kita untuk tidak berolahraga. Olahraga tetap penting untuk menjaga kebugaran. Kita dapat berolahraga ringan 20-30 menit sebelum berbuka puasa.

4. Jangan makan berlebihan saat berbuka

via pexels.com

Saat berpuasa, waktu berbuka puasa adalah waktu yang sangat dinantikan. Tidak jarang saat berbuka puasa kita kalap sehingga perut langsung penuh. Hal ini tidak dianjurkan karena maag dapat menyerang akibat pola makan berlebih. Jadi makanlah secukupnya saat berbuka puasa.

 

Writer

Reggi Aryunadi

Pengen jadi penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya