TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Ekspresi Ini Ternyata Bikin Wajah Cepat Timbul Kerutan, Awas Keriput

Jutaan orang tidak menyadari penyebab keriput ini

winudf.com

Keriput dan kerutan pada wajah menjadi momok banyak orang, khususnya kaum hawa. Kulit yang berkerut dan tidak kencang dinilai mengurangi kecantikan mereka.

Ada banyak penyebab kerutan yang kadang tidak kamu sadari. Berikut 7 penyebabnya, simak ya!

1. Sering menaikkan alis

hindustantimes.com

Terkadang jika orang sedang malas menyapa balik maka ia hanya akan sekadar menaikkan alis. Ternyata kebiasaan ini bisa menimbulkan keriput pada area dahi lho.

Dikutip facecliniclondon.com, keriput dahi disebabkan oleh aksi otot frontalis di dahi. Otot ini berkontraksi saat kita mengangkat alis. Peningkatan otot frontalis menarik kulit dahi ke atas dan menyebabkan kerutan dahi yang muncul sebagai garis-garis di dahi kita.

2. Cemberut

abc.net.au

Siapa yang suka ngambek dan cemberut kalau ada hal yang tidak disukai? Hati-hati, terlalu sering cemberut pun bisa membuat wajahmu cepat keriput.

Dikutip everydayhealth.com, Jessica Wu yang merupakan seorang profesor klinis dermatologi di sekolah kedokteran University of Southern California mengatakan kemarahan membuat otot-otot wajah tegang. Seiring waktu, hal itu menimbulkan garis-garis kerutan pada wajahmu.

Baca Juga: Tak Hanya Keriput, 9 Bagian Tubuh Ini Akan Berubah Mengikuti Umurmu

3. Menangis

unsplash.com/Claudia Wolff

Seperti halnya cemberut, menangis juga sangat membebani wajah dan dapat menyebabkan kerutan karena alis yang berkerut berulang-ulang. Dokter Wu juga mengatakan penelitian sekarang menunjukkan bahwa ekspresi wajah memiliki efek yang kuat pada kulit.

4. Ketakutan

Pexels/Nathan Cowley

Rasa takut dan cemas membuat otak kita mengeluarkan sebuah ekspresi pada wajah. Dilansir verydayhealth.com, dr. Wechsler mengatakan reaksi pertama otak adalah memicu lepasnya hormon adrenalin.

Adrenalin akan mengambil sebagian dari darah dari kulit dan wajah serta menyempitkan pembuluh darah di kulit untuk mengontrol dan membatasi pendarahan jika terluka. Efeknya, keriput akan muncul secara perlahan.

5. Manyun

Instagram.com/saythename_17

Beberapa tahun lalu sempat muncul tren duck face yang mengekspresikan wajah manyun layaknya bebek. Hal itu bisa menyebabkan kerutan lho karena otot sekitaran bibir berkontraksi cukup kuat. Dikutip nowcosmetic.co.uk, merokok pun membuat bibir berpose manyun yang tentunya dapat menciptakan kerutan sekitar mulut.

6. Tersipu malu

pexels.com/bymalcolmgarret

Dokter Wechsler juga mengatakan saat kamu merasa malu, reseptor neuropeptida di kulit menerima pesan dan menyebabkan wajah memerah. Hal itu dapat menjadi awal dari kondisi pembuluh darah bengkak kronis. Jika terlalu sering maka perlahan kerutan akan muncul di wajah.

Baca Juga: Ketahui 10 Kebiasaan yang Memicu Munculnya Keriput, yuk Hindari!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya