TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Program Keluarga SIGAP Resmi Diluncurkan di Indonesia

Bantu keluarga jalankan pola hidup bersih dan sehat

ilustrasi cuci tangan (pexels.com/Burst)

Program Keluarga SIGAP (Keluarga Siaga Dukung Kesehatan, Siap Hadapi Masa Depan) telah resmi diluncurkan di Indonesia. Ini merupakan hasil kolaborasi berkelanjutan antara Gavi, Unilever Indonesia, dan The Power of Nutrition.

Program ini bertujuan untuk melindungi lebih dari 1 juta anak terpapar risiko penyakit yang dapat dicegah melalui perilaku positif.

Sejalan dengan agenda pemerintah Indonesia, program ini juga didukung oleh Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes), Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor, dan Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar.

Berfokus pada imunisasi, cuci tangan pakai sabun, dan makanan bergizi

ilustrasi vaksinasi (pexels.com/Nop Viwat)

Program Keluarga SIGAP berfokus pada imunisasi rutin, lengkap, dan sesuai jadwal, melakukan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS), serta pemberian makanan bergizi pada anak usia 0–24 bulan.

"Salah satu inisiatif dari Kementerian Kesehatan melalui program GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) adalah untuk mempromosikan budaya hidup dan praktik hidup sehat," kata Mahmud Fauzi, SKM, M.Kes., Ketua Tim Kerja Standar Kecukupan Gizi dan Mutu Pelayanan Gizi KIA, Kemenkes RI, pada Rabu (28/2/2024) di Jakarta. 

Ia menyatakan bahwa masih banyak anak-anak mengalami penyakit yang bisa dicegah dengan metode GERMAS, seperti pneumonia dan diare. Hal inilah yang menjadi latar belakang lahirnya program Keluarga SIGAP.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya