TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Waspada Sejak Dini, Kenali Penyebab Utama Saraf Terjepit Ini!

Agar terhindar dari nyeri saraf yang menyakitkan

getfitstayfitnorfolk.co.uk

Nyeri dan rasa sakit yang  berasal dari punggung bawah, pinggang hingga merembet ke bagian kaki merupakan indikasi penyakit saraf terjepit. Dalam istilah medis, penyakit saraf terjepit atau nyeri pada saraf siatik disebut dengan Herniated Nucleus Pulposus (HNP) yang ditandai dengan tonjolan abnormal dari bantalan tulang yang menekan saraf di bagian tulang belakang.

Rasa nyeri di punggung atau pinggang akibat saraf terjepit sering kali muncul tiba-tiba saat posisi tubuh membungkuk lalu tegak atau ketika mengangkat benda yang cukup berat. Kabar baiknya, penyakit ini bisa lebih awal dikenali agar waspada dan ditangani lebih cepat. Dilansir dari Boldsky, ada empat penyebab saraf terjepit sebagai berikut.

1. Penuaan

naukrinama.com

Faktor usia menjadi salah satu faktor utama manusia rentan mengalami penyakit. Hal ini karena semakin tua usia maka otomatis keausan akan terjadi pada tubuh atau yang disebut degenerasi bantalan yakni kondisi berkurangnya kadar air pada tulang belakang. Resiko penyakit degeneratif pun sangat tinggi, salah satunya dapat menyebabkan kompresi pada saraf siatik hingga berujung penyakit saraf terjepit. Umumnya saraf terjepit mulai menyerang dari usia empat puluh tahun ke atas.

Baca Juga: 5 Penyebab Parkinson, Penyakit Kerusakan Sel-sel Saraf pada Otak

2. Penyempitan kanal tulang belakang

spineuniverse.com

Penyempitan kanal tulang belakang (spinal stenosis) merupakan kelainan yang disebabkan oleh penyempitan ruang pada tulang belakang, bisa juga penyebabnya karena cedera yang terjadi pada tulang belakang. Akibatnya muncul tekanan berlebihan pada saraf siatik dan kondisi pasien akan semakin memburuk jika penyempitan kanal tulang belakang ini semakin menekan saraf.

3. Terkilir

cfaortho.com

Waspada jika pernah mengalami terkilir parah, karena besar kemungkinan hal ini akan menyebabkan penyakit saraf terjepit. Terkilir dapat merembet jadi saraf terjepit dengan indikasi gejala utamanya yakni rasa linu di bagian panggul dalam kurun waktu lebih dari satu minggu. Jika hal ini terjadi maka sangat bijak jika segera memeriksakan diri ke dokter agar tidak menimbulkan rasa nyeri hebat akibat dari terganggunya saraf siatik tersebut.

Baca Juga: Peneliti Temukan Tiga Sel Saraf Baru dalam Telinga Manusia

Verified Writer

Sertieun .

Writer who loves life with beautiful words...❤

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya