TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Khasiat Cengkeh untuk Kesehatan, Wajib Tahu

Kecil cokelat berkhasiat!

pixabay.com/abuyotam

Cengkeh adalah bunga kering dari tanaman syzygium aromaticum yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Ketika dalam keadaan segar bunga cengkeh berwarna merah dan akan berubah menjadi warna cokelat ketika mengering dan mengeluarkan aroma wangi. Cengkeh banyak dimanfaatkan sebagai seduhan hangat dan bumbu masakan.

1. Mengendalikan kadar gula darah, bagus untuk bumbu makanan

pexels.com/Miguel A. Padrinan

Saat memasak apakah kamu sudah memanfaatkan cengkeh sebagai bumbu masakan? Menjadikan cengkeh sebagai bumbu masakan adalah pilihan yang sehat lho. Karena cengkeh memiliki manfaat dapat mengendalikan kadar gula darah. Cengkeh mampu meningkatkan penyerapan gula dari darah ke sel, meningkatkan sekresi insulin dan meningkatkan fungsi sel-sel yang menghasilkan insulin.

2. Minuman sehat anti pilek dan menghangatkan tubuh

instagram.com/@zaidulakbar

Seduhan hangat kombinasi seujung sendok teh cengkeh, 1 sendok teh bubuk teh (bukan shacet), 1 jempol dewasa jahe dan 5 butir kapulaga. Keempat bahan tersebuh direbus dengan 300-400 ml air. Maka akan menjadi seduhan sehat yang penuh khasiat yaitu mampu menghangatkan tubuh dan sebagai minuman sehat anti pilek.

Baca Juga: 6 Jenis Rempah Alami yang Berkhasiat Mengobati Gejala Depresi

3. Membubuh bakteri sehingga berkhasiat mengobati sakit gigi

pixabay.com/abuyotam

Cengkeh adalah rempah-rempah yang membantu menjaga kesehatan mulut. Cengkeh memiliki sifat anti bakteri yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri yang menyababkan plak gigi dan masalah gusi tak sehat.

4. Meningkatkan imunitas tubuh

pixabay.com/PublicDomainPictures

Mengonsumsi olahan cengkeh berkhasiat meningkatkan daya tahan tubuh (imun). Kandungan dalam cengkeh membantu meningkatkan produksi sel darah putih yang berfungsi membunuh bakteri. Cengkeh juga berkhasiat sebagai detox yang membersihkan racun-racun dalam tubuh sehingga tubuh aman dari serangan penyakit.

Baca Juga: 5 Rempah Khas Indonesia Ini Jadi Rebutan Negara Asing Dulu

Verified Writer

Susi Yanti Nurraini

Keep shining, keep inspiring! engineer, writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya