TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Mengatasi Otot yang Terasa Kaku, Mudah dan Ampuh!

Jangan terlalu keseringan duduk ya

medicalnewstoday.com

Permasalahan otot kaku rasanya hampir sering sekali dirasakan oleh banyak orang. Rata-rata para pekerja kantoran lah yang paling sering merasakan hal yang demikian. Ada beragam faktor yang menyebabkan seseorang mudah merasa kaku pada otot, salah satu yang utama dan sering terjadi adalah karena terlalu lama duduk.

Meski kita tidak bisa menyangkal kebiasaan untuk duduk dalam jangka waktu lama, tapi setidaknya kita dapat meminimalisir kemungkinan untuk terkena otot kaku ya agar aktivitas tetap berjalan lancar tanpa hambatan berarti.

Untuk kamu yang penasaran cara apa saja yang dapat dilakukan guna mengatasi persoalan otot kaku, berikut lima daftarnya!

1. Stretching setiap satu jam sekali

fruitguys.com

Apabila kamu adalah seorang pegawai kantoran yang dituntut harus duduk selama berjam-jam di depan komputer dan memiliki risiko untuk terkena otot kaku, maka kamu dapat mencoba peregangan otot atau yang juga kita kenal sebagai stretching.

Peregangan ini dapat kamu lakukan setiap satu jam sekali untuk meminimalisir efek otot yang terasa kaku. Selain itu, lakukan lah gerakan yang sekiranya mudah dengan meregangkan tangan dan kaki.

Baca Juga: Ini 6 Cara Cepat Meredakan Otot Pegal karena Fitness

2. Perbanyak konsumsi air putih

goodnewsnetwork.org

Selain hal yang berhubungan dengan pergerakan tubuh, kamu juga dapat memperbanyak konsumsi air putih. Hindari berbagai jenis minuman lain yang bersoda atau justru minuman energi. Cukup dengan konsumsi air putih dengan jumlah yang pas atau dapat kamu tambahkan madu dan lemon agar dapat mengatasi dehidrasi sehingga risiko otot kaku pun dapat teratasi dengan baik.

3. Berjalan kaki sebentar

Unsplash/Jonas Weckschmied

Cara yang satu ini memang sangat mudah dilakukan khususnya bagi kalian yang gemar bermain game di depan komputer untuk durasi waktu yang lama. Sisihkan lah waktu satu jam sekali untuk setidaknya keluar ruangan, berjalanan kaki, dan menikmati udara segar. Berjalan dapat membantu melancarkan sirkulasi darah sehingga kemampuan otot pun akan jauh lebih maksimal.

4. Kompres hangat

facty.com

Apabila kamu merasa bahwa otot-otot mulai kaku dan tidak nyaman, segera lah untuk mengompres bagian yang terasa kaku dengan menggunakan air hangat. Hal ini tentu saja untuk melancarkan peredaran darah pada area yang terasa kaku. Pastikan bahwa air yang digunakan tidak terlalu panas dan jangan pula mengompres dengan durasi terlalu lama.

Baca Juga: Coba 7 Cara Efektif Membesarkan Otot Lengan Tanpa Harus Pergi ke Gym

Verified Writer

Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya