TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Manfaat Potasium Bagi Kesehatan Tubuh, Kandungan dalam Buah Pisang

Ototmu bisa semakin kuat

universityhealthnews.com

Potasium merupakan makromineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Untuk menunjang kesehatan tubuh, kita membutuhkan setidaknya 100 miligram potasium per hari. Idealnya, orang dewasa membutuhkan 4700 miligram potasium per hari, namun sangat sedikit sekali orang dewasa yang memenuhi angka ini. Hal ini disebabkan karena tidak mengertinya seberapa penting potasium untuk tubuh.

Kekurangan potasium dapat membuat kamu mudah lelah, tekanan darah tinggi sampai diabetes. Tentu kamu tidak menginginkan hal ini, bukan? Oleh karena itu kebutuhan potasium haruslah terpenuhi, selain menghindari gejala yang disebabkan oleh kekurangan potasium, potasium sendiri memiliki banyak manfaat di dalam tubuh, ini lima di antaranya!

1. Menguatkan otot

pexels.com/@samerdaboul

Potasium berperan penting dalam menjaga pertumbuhan jaringan otot yang baik karena potasium dapat ditemui lebih banyak pada sel otot tubuh manusia. Potasium membantu mengoptimalkan kerja otot dan menjaganya agar tidak tegang, sehingga kamu terhindar dari kram otot. Potasium pun dipercaya mampu menstimulasi sel pertumbuhan dan menyediakan energi bagi proses metabolisme tubuh.

2. Menjaga gula darah dan tekanan darah

pexels.com/@wdnet

Kekurangan potasium dapat menyebabkan gula darah menurun. Gula darah yang terlalu rendah dapat menyebabkan badan menjadi mudah berkeringat, sakit kepala, mudah lelah dan gemetar. Oleh karena itu penderita diabetes harus menjaga konsumsi potasium normal agar gula darahnya tetap terjaga. Selain itu, potasium juga data menjaga stabilitas tekanan darah sehingga terhindar dari risiko terkena serangan jantung dan hipertensi.

Baca Juga: Catat! Inilah 5 Buah-buahan yang Bisa Meningkatkan Kesehatan Ginjalmu

3. Meningkatkan kesehatan hati dan ginjal

medicalnewstoday.com

Manfaat lain dari potasium adalah meningkatkan kesehatan hati dan ginjal manusia. Potasium berperan dalam  menjaga agar hati dan ginjal bisa bekerja sebaik mungkin. Karena potasium dapat membantu proses ekskresi yang mempermudah kerja ginjal. Tapi kelebihan potasium pun tidak baik karena dapat menyerap kalsium lebih dari normal. Oleh karena itu penting untuk menjaga kebutuhan potasium tetap pas.

4. Mengatur air di dalam tubuh agar seimbang

pexels.com/@frank-cone-140140

Berbeda sel tubuh, maka berbeda pula jumlah air yang diperlukan. Di sinilah peran potasium penting untuk menjaga keseimbangan air di dalam tubuh. keseimbangan air menjaga agar seluruh organ berfungsi secara optimal. Oleh karena itu kebanyakan orang memilih menyantap pisang setelah berolahraga.

Baca Juga: Mudah Stres? Ini 6 Hal Sederhana yang Bisa Membuatmu Bahagia

Verified Writer

Wesa Bhadrasana

encourager

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya