Comscore Tracker

Berani Berhenti Merokok? Ini 6 Manfaat Kesehatan yang Kamu Rasakan

Ini yang akan terjadi padamu saat berhenti merokok

Indonesia adalah salah satu negara dengan perokok aktif terbesar di dunia mulai dari yang tua, muda, sampai anak kecil. Walau merokok merugikan mulai dari materi sampai kesehatan, gak jadi penghalang bagi orang-orang untuk tetap mengonsumsinya.

Gak pernah ada kata terlambat untuk berhenti, mungkin enam manfaat berikut ini bisa jadi pertimbanganmu untuk berhenti merokok. 

1. Badan yang biasanya letih lesu jadi lebih sehat dan bugar

Berani Berhenti Merokok? Ini 6 Manfaat Kesehatan yang Kamu Rasakanunsplash.com/Frame Kings

Seiring kamu yang mulai berhenti merokok, badan akan terasa lebih sehat. Racun-racun berbahaya akan menghilang karena kamu berhenti memasukkan nikotin ke dalam tubuh.

Aliran darah dan organ tubuh dapat berfungsi dengan seharusnya. Efeknya, badan jadi ringan dan dada gak terasa sesak. 

2. Kesehatan gigi dan gusi lebih terjaga

Berani Berhenti Merokok? Ini 6 Manfaat Kesehatan yang Kamu Rasakanunsplash.com/Lesly Juarez

Selain badan, kesehatan gigi dan mulut juga lebih terjaga. Gigi lebih kuat begitu pun gusi yang semakin sehat. Napas lebih segar sehingga kamu pede saat berbicara dengan orang lain. Kamu gak perlu lagi makan permen untuk menghilangkan bau mulut.

3. Mengurangi risiko terkena penyakit kronis

Berani Berhenti Merokok? Ini 6 Manfaat Kesehatan yang Kamu Rasakanunsplash.com/Robina Weermeijer

Berhenti merokok akan mengurangi risiko terkena penyakit kronis seperti jantung, paru-paru atau TBC. Bayangkan, berapa banyak waktu, uang dan, tenaga yang habis terbuang andai kamu kena penyakit tersebut. 

Memang betul, kematian adalah hak mutlak Sang Kuasa. Tapi bukankah kita harus menjaga pemberiannya dengan menjaga kesehatan sendiri?

Baca Juga: 4 Buah Cocok Dikonsumsi Perokok yang Mau Berhenti, Sehatkan Paru-paru

4. Kulit lebih sehat dan wajah tampak awet muda

Berani Berhenti Merokok? Ini 6 Manfaat Kesehatan yang Kamu Rasakanunsplash.com/Daniel Capelani

Dari sisi penampilan, kamu jadi lebih awet muda karena tidak lagi terpapar asap rokok. Lalu, kerutan pada wajah akan berkurang dan kulit lebih bersinar. 

Tentunya harus diimbangi dengan makanan sehat dan olahraga yang teratur pula. Jangan lupa minum air putih agar kulit selalu sehat.

5. Alihkan uang rokok untuk ditabung atau investasi lainnya

Berani Berhenti Merokok? Ini 6 Manfaat Kesehatan yang Kamu Rasakanunsplash.com/Sharon McCutcheon

Kamu bisa alihkan uang rokok untuk ditabung atau investasi. Meski tak seberapa, kalau dikumpulkan pelan-pelan, hasilnya jadi lumayan, lho. Setidaknya uangmu bisa lebih bermanfaat daripada dipakai untuk hal yang sia-sia. 

6. Menjaga kesehatanmu sendiri dan orang lain

Berani Berhenti Merokok? Ini 6 Manfaat Kesehatan yang Kamu Rasakanunsplash.com/João Silas

Berhenti merokok tidak sebatas menjaga kesehatan sendiri tapi juga melindungi orang yang kamu sayangi. Kamu pun tahu, perokok pasif punya peluang lebih besar terpapar penyakit dibanding perokok aktif. Dan saat kamu memutuskan berhenti, otomatis ikut menjaga kesehatan orang-orang yang ada di sekitarmu.

Berhenti merokok memang sulit. Tapi asalkan niatmu kuat, maka gak ada yang mustahil kok. Semangat menghentikan kebiasaan buruk ini!

Baca Juga: 5 Pose Yoga Ini Bantu Hentikan Kebiasaan Merokok

cappucinotea Photo Verified Writer cappucinotea

Tohoshinki Enthusiast/Ig @astri_meita

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya