7 Manfaat Kesehatan Makan Ikan Mentah jika Prosesnya Layak dan Bersih

Tidak hanya enak, tapi juga kaya akan manfaat

Ikan adalah salah satu makanan paling sehat untuk tubuh manusia. Banyak nutrisi yang dikandungnya, seperti protein, lemak baik, dan berbagai vitamin. Orang Indonesia biasanya memasaknya dengan cara digoreng, dibakar, dan menggunakan bumbu-bumbu yang khas. Lalu bagaimana dengan ikan mentah?

Ikan mentah memang belum terlalu populer di negara kita, tidak seperti di Jepang. Sebagian orang lebih menyukai ikan mentah karena rasanya masih asli dan segar. Kata “mentah” memang membuat orang takut sebelum mencobanya. Misalnya takut keracunan, tidak higienis, hingga tidak suka bau amisnya.

Padahal mengonsumsi ikan mentah terbukti baik untuk kesehatan, lho. Kira-kira apa saja manfaatnya? Simak penjelasan berikut ini!

1. Meningkatkan kesehatan jantung

7 Manfaat Kesehatan Makan Ikan Mentah jika Prosesnya Layak dan Bersihsimplemost.com

Ikan mentah belum tercampur minyak dan bumbu-bumbu lainnya sehingga ia hanya mengandung protein dan lemak yang baik untuk jantung. Kandungan asam lemak omega 3 yang ada di dalamnya juga berperan penting dalam menjaga sistem kardiovaskular. Jika kamu ingin mendapatkan manfaat ini dengan maksimal, perbanyak konsumsi tuna dan salmon mentah.

2. Mengurangi konsumsi bahan kimia

7 Manfaat Kesehatan Makan Ikan Mentah jika Prosesnya Layak dan Bersihmedia.npr.org

Konsumsi ikan mentah baik untukmu karena kamu akan terhindar dari bahan kimia dan pengawet. Bahan-bahan tersebut tentunya tidak sehat dan bisa meningkatkan risiko terkena gangguan pencernaan, pernapasan, dan alergi. Namun pastikan ikan yang kamu konsumsi bebas dari kontaminasi bahan kimia juga ya.

3. Ikan mentah baik untuk diet

7 Manfaat Kesehatan Makan Ikan Mentah jika Prosesnya Layak dan Bersihdingyue.nosdn.127.net

Pada umumnya ikan memang tidak mengandung kalori yang tinggi. Oleh karena itu, mengonsumsi ikan untuk diet sangat disarankan. Mengonsumsi ikan mentah saat diet bisa memuaskan kebutuhan cita rasamu karena ia memiliki rasa yang kuat dan kaya. Tentunya kamu tidak perlu khawatir berat badanmu akan bertambah.

Baca Juga: Ini 5 Khasiat Ikan Gabus, Bisa Membantu Proses Penyembuhan Luka

4. Proses memasak bisa mengurangi nutrisi ikan

7 Manfaat Kesehatan Makan Ikan Mentah jika Prosesnya Layak dan Bersihgoodfood.com.au

Ikan mengandung banyak vitamin D dan B. Namun vitamin adalah zat yang larut ketika melalui proses yang melibatkan panas. Kandungan tersebut akan berkurang drastis saat ikan dimasak. Selain itu, proses menggoreng dan memanggang bisa menambahkan zat karsinogenik yang memicu kanker ke dalam ikan.

5. Mengurangi risiko demensia di masa tua

7 Manfaat Kesehatan Makan Ikan Mentah jika Prosesnya Layak dan Bersihlocalsseafood.com

Konsumsi ikan mentah bisa membantu mengalirkan darah kaya oksigen ke otak. Studi dari University of Northumbria menunjukkan bahwa hal tersebut bisa mencegah demensia dan kerusakan kognitif di masa tua. Manfaat ini paling banyak dimiliki oleh ikan tuna dan bluefish.

6. Ikan beku baik untuk dikonsumsi mentah

7 Manfaat Kesehatan Makan Ikan Mentah jika Prosesnya Layak dan Bersih7cseafood.com

Kamu tentu sering mendengar bahwa ikan segar adalah yang paling baik. Namun ternyata hal ini tidak sepenuhnya benar. Ikan segar memang bagus, tetapi kamu harus memastikan bahwa ia terbebas dari parasit.

Oleh karena itu Food and Drug Administration (FDA) menyarankan agar kita memilih ikan yang sudah dibekukan untuk dimakan mentah. Proses pembekuan bisa menghentikan pertumbuhan parasit sehingga aman untuk dimakan.

7. Hal yang harus diperhatikan agar mendapatkan manfaat yang maksimal

7 Manfaat Kesehatan Makan Ikan Mentah jika Prosesnya Layak dan Bersihjapan-magazine.jnto.go.jp

Ada beberapa cara yang sebaiknya dilakukan untuk mendapatkan manfaat maksimal dari konsumsi ikan mentah. Di antaranya adalah menggunakan ikan laut terutama ikan tuna, campur dengan wasabi yang bisa membunuh parasit, serta jangan mengonsumsinya setiap hari. Kamu juga bisa menggunakan ikan yang kamu ternakkan sendiri, serta sebisa mungkin pilih ikan yang masih muda.

Ikan mentah memang mengandung banyak manfaat untuk kesehatan. Jika tidak, orang Jepang tidak akan mau mengonsumsinya. Namun higienisitas tetap harus kamu perhatikan agar terhindar dari parasit ya!

Baca Juga: Bergizi Tinggi, Inilah 7 Manfaat Ikan Salmon untuk Kesehatan 

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You