Comscore Tracker

5 Manfaat Minum Air Hangat yang Jarang Orang Tahu, Jangan Sepelekan!

Kebiasaan sederhana namun bermanfaat

Sebagian besar tubuh manusia terdiri dari cairan. Itulah sebabnya, asupan cairan yang cukup sangat vital dalam mendukung fungsi tubuh bisa bekerja dengan optimal. Mengutip Medical News Today, air akan membantu sel-sel tubuh menyerap nutrisi dan melawan infeksi.

Walaupun minum air, berapa pun suhunya, dapat menunjang kesehatan tubuh secara keseluruhan, faktanya minum air hangat bisa memberikan berbagai manfaat tambahan. Ini daftarnya!

1. Meningkatkan kesehatan pencernaan

5 Manfaat Minum Air Hangat yang Jarang Orang Tahu, Jangan Sepelekan!freepik.com/katemangostar

Dilansir Medical News Today, usus halus menyerap cairan dari makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh. Akibat kurang minum, menyebabkan dehidrasi dan menghambat pergerakan usus.

Kondisi dehidrasi yang parah, dapat menyebabkan konstipasi (sulit BAB) kronis, menyebabkan proses pergerakan usus jadi menyakitkan, selanjutnya bisa memicu wasir dan perut kembung.

Dibandingkan minum air dingin, minum air hangat mampu memecah makanan lebih cepat. Hal ini akan membantu melancarkan pergerakan usus, sehingga bisa mencegah terjadinya konstipasi atau sembelit. Dengan demikian, sistem pencernaan pun jadi lancar.

2. Menurunkan berat badan

5 Manfaat Minum Air Hangat yang Jarang Orang Tahu, Jangan Sepelekan!freepik.com/jcomp

Diketahui, banyak minum air putih dapat membantu menurunkan berat badan, disebabkan beberapa hal. Antara lain, bisa menimbulkan perasaan kenyang sehingga mencegah keinginan untuk selalu makan, bantu tubuh dalam menyerap nutrisi, serta membuang racun atau limbah.

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan di The Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism, ternyata mengganti air dingin dengan air hangat bisa membuat proses penurunan berat badan jadi lebih maksimal.

Para peneliti menemukan, minum 500 ml air putih sebelum makan dapat meningkatkan kecepatan metabolisme hingga 30 persen. Efek termogenik, yakni proses yang membantu pembakaran lemak, menghasilkan pembakaran kalori sebanyak 100 kJ. Dari jumlah tersebut, sebanyak 40 persen berasal dari pemanasan air dari 22 derajat Celsius menjadi 35 derajat Celsius.

Hasil ini bisa menjadi bahan pertimbangan buat kamu yang sedang menjalani program diet. Agar penurunan berat badan bisa lebih maksimal, sebaiknya ganti minum air dingin dengan air hangat.

Baca Juga: 7 Sayuran dengan Manfaat Paling Tinggi, Yakin Masih Mau Menghindar?

3. Mendorong konsumsi kopi dan teh

5 Manfaat Minum Air Hangat yang Jarang Orang Tahu, Jangan Sepelekan!pexels.com/@cottonbro

Biasanya air putih hangat dicampur dengan teh dan kopi. Kedua minuman ini telah diketahui memiliki beragam manfaat kesehatan jika dikonsumsi dengan cara dan dalam takaran yang tepat, lho.

Sebuah penelitian tahun 2017 yang terbit dalam jurnal Annals of Internal Medicine mengungkap manfaat minum kopi. Penelitian yang melibatkan 185.855 orang partisipan berusia 45—75 tahun ini menyimpulkan, dibanding bukan peminum kopi, mereka yang terbiasa minum kopi menunjukkan tingkat kematian yang lebih rendah. Dengan kata lain, minum kopi bisa memperpanjang umur!

Mengutip Harvard Health, dari berbagai studi, kebiasaan minum kopi (dengan catatan bukan perokok), selain bisa menurunkan risiko kematian sebanyak 8—15 persen, juga dapat mengurangi risiko berbagai penyakit.

Di antaranya adalah penyakit kardiovaskular (serangan jantung, gagal jantung, dan stroke), penyakit diabetes tipe 2, penyakit Alzheimer dan Parkinson, beberapa jenis kanker (kanker usus, rahim, dan hati), serta mengurangi risiko terkena sirosis hati.

Manfaat teh pun tak kalah dengan kopi. Dilansir New York Times, berdasarkan hasil studi yang dilaporkan di jurnal Liver Internasional, minum teh telah terbukti bisa menurunkan berbagai risiko penyakit hati. Di antaranya kanker hati, sirosis (jaringan parut yang terbentuk akibat rusaknya sel-sel pada hati), serta penyakit perlemakan hati.

Konsumsi teh juga telah dihubungkan dengan berbagai penurunan risiko penyakit, antara lain adalah depresi, stroke, penyakit jantung, diabetes, serta penurunan risiko kematian dini. Untuk mendapatkan manfaat sehat kopi dan teh, sebaiknya hindari menambahkannya dengan gula ataupun krim ya!

4. Melancarkan aliran darah

5 Manfaat Minum Air Hangat yang Jarang Orang Tahu, Jangan Sepelekan!freepik.com/freepik

Lancar tidaknya aliran darah akan sangat memengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Efeknya berimbas mulai dari tekanan darah hingga risiko penyakit kardiovaskular.

Dilansir Healthline, diyakini, mandi dengan air hangat dapat melancarkan peredaran darah pada organ tubuh. Sehingga, proses transportasi nutrisi dan oksigen ke seluruh tubuh bisa berjalan dengan baik.

Meski masih sedikit penelitian yang mengamati dampak minum air putih hangat terhadap aliran darah, tapi para ahli meyakini, efeknya serupa dengan mandi menggunakan air hangat. So, tunggu apa lagi. Mulai sekarang, yuk biasakan minum air hangat!

5. Detoksifikasi

5 Manfaat Minum Air Hangat yang Jarang Orang Tahu, Jangan Sepelekan!freepik.com/svetlanasokolova

Mengutip dari Reader's Digest, Luiza Petre, MD, seorang kardiolog menjelaskan, minum air hangat dapat meningkatkan temperatur tubuh, merangsang keluarnya keringat, yang mana merupakan mekanisme tubuh dalam mengeluarkan racun.

Lanjutnya, jika air hangat ini ditambahkan dengan perasan lemon di dalamnya, bisa membantu dalam menyeimbangkan tingkat keasaman tubuh dari asupan makanan sehari-hari.


Agar kamu bisa mendapatkan berbagai manfaat di atas, pastikan suhu air putih yang kamu minum tepat. Mengutip Healthline, hasil dari berbagai penelitian, direkomendasikan untuk minum air hangat pada suhu antara 54 dan 71 derajat Celsius.

Lebih tinggi dari itu, bisa merusak jaringan kerongkongan, membuat lidah kamu terbakar, serta merusak indra pengecap kamu.

Baca Juga: 10 Manfaat Mengonsumsi Kopi Secara Rutin, Gak Cuma Bikin Melek

L A L A Photo Verified Writer L A L A

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya