Comscore Tracker

5 Khasiat Bawang Merah, Gak Sebatas Bumbu Dapur Aja!

Pasti pada belum tahu, kan?

Bukan hanya bawang putih yang punya banyak khasiat, tapi juga sahabatnya, yaitu bawang merah. Sebagai sumber makanan yang mengandung flavonoid tinggi, bawang merah dipercaya bagus untuk kesehatan maupun kecantikan. Untuk lebih jelasnya, yuk simak 5 khasiat bawang merah di bawah ini.

1. Bagus untuk mencegah kanker

5 Khasiat Bawang Merah, Gak Sebatas Bumbu Dapur Aja!unsplash.com/gaelle marcel

Kandungan quercetin dan antosianin yang terdapat pada bawang merah dipercaya dapat mengobati kanker, lho! Khususnya kanker payudara dan kanker di sel kolon. Meskipun kamu belum mengidap penyakit kanker, kamu bisa memperbanyak konsumsi bawang merah sekedar untuk pencegahan.

2. Mengurangi kadar lemak jahat

5 Khasiat Bawang Merah, Gak Sebatas Bumbu Dapur Aja!unsplash.com/gesina kunkel

Makanan berlemak seperti burger, jeroan, dan aneka gorengan mengandung lemak jahat. Jika dikonsumsi dalam jumlah berlebih, maka dapat menyebabkan obesitas. Nah, untuk menghancurkan lemak jahat, kamu boleh mengonsumsi bawang merah secara rutin setiap hari. Campurkan dengan sambal atau sayur tumis, sehingga bau asli dari bawang merah gak terlalu menusuk.

3. Mengobati radang tenggorokan

5 Khasiat Bawang Merah, Gak Sebatas Bumbu Dapur Aja!unsplash.com/Esther Driehaus

Usai lebaran, banyak orang yang menderita radang ternggorokan. Apakah kamu termasuk salah satu di antaranya? Kalau iya, sekarang saatnya untuk recovery, ya! Konsumsi bawang merah dalam jumlah yang cukup setiap hari. Kandungan quercetin di dalamnya dipercaya bagus untuk menurunkan radang.

Baca Juga: 5 Manfaat Bawang Dayak Bagi Kesehatan yang Belum Banyak Diketahui

4. Melancarkan pencernaan

5 Khasiat Bawang Merah, Gak Sebatas Bumbu Dapur Aja!bursasoylem.com

Pisang dan pepaya menjadi andalan untuk mengatasi masalah pencernaan. Tapi sekarang tidak lagi karena bawang merah sudah menggantikan peran kedua buah ini. Bawang merah mengandung serat yang bagus untuk menambah jumlah bakteri baik di dalam usus, sehingga masalah sembelit bisa segera diatasi.

5. Mengatasi jerawat yang meradang

5 Khasiat Bawang Merah, Gak Sebatas Bumbu Dapur Aja!unsplash.com/curology

Kandungan sulfur organik, anti-inflamasi, dan antioksidan yang terdapat pada bawang merah bagus untuk mengobati jerawat, lho! Bagi kamu yang saat ini sedang berkutat dengan masalah jerawat cobalah mengonsumsi bawang merah secara teratur. Lalu, lihat bagaimana perubahannya di kulit wajah.

Sekarang kamu gak boleh anggap remeh bawang merah, ya! Apalagi melihat khasiatnya yang cukup melimpah.

Baca Juga: 5 Cara Mudah & Singkat Kupas Kulit Bawang Putih Tanpa Pisau

Louisa Gabe Photo Community Writer Louisa Gabe

Just a regular girl

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You