Comscore Tracker

5 Potensi Manfaat Jamur Salju, Sehat dan Mudah Diolah!

Membuat kulit awet muda hingga melindungi otak

Jamur salju (Tremella fuciformis) atau dikenal dengan nama white fungus atau snow ear mushroom pertama kali ditemukan di negara Brasil. Meskipun demikian, jamur ini banyak dikembangbiakkan di negara-negara Asia dan merupakan salah satu bahan yang sering dipakai di dalam pengobatan tradisional China. Jamur salju putih umumnya dijual dalam bentuk kering dan dapat dibeli supermarket atau pasar.

Bentuk jamur ini menyerupai kepalan dengan ujung yang keriting atau bergerigi. Pengolahan jamur ini cukup mudah, yaitu direndam dulu selama kurang lebih 10 menit, lalu dicampurkan untuk bahan sup atau bisa juga diolah menjadi dessert.

Di samping pengolahannya yang mudah, jamur salju menyimpan banyak manfaat untuk tubuh. Apa saja manfaat jamur salju untuk kesehatan? Simak penjabarannya berikut ini!

1. Mengobati luka pada kulit dan mencegah penuaan

5 Potensi Manfaat Jamur Salju, Sehat dan Mudah Diolah!ilustrasi perawatan kulit wajah (pixabay.com/Tumisu)

Kulit cerah dan tidak berkerut menjadi dambaan semua orang. Tidak heran banyak orang yang rajin merawat kulit baik dari dalam maupun luar. Kamu yang ingin menjaga kesehatan kulit bisa memasukkan jamur ini ke dalam menu sehari-hari, contohnya seperti peach gum dessert yang menggunakan jamur salju.

Jamur salju dipercaya dapat mencegah efek penuaan pada kulit dan membantu mengobati luka di kulit. Laporan ilmiah dalam jurnal Molecular Medicine Report tahun 2017 menyebutkan bahwa jamur salju mengandung polisakarida yang dapat dipakai sebagai alternatif obat untuk mengobati luka pada kulit.

Kandungan polisakarida yang ada di dalam jamur ini juga berpotensi sebagai properti antipenuaan pada kulit.

2. Melindungi saraf otak dari kerusakan

5 Potensi Manfaat Jamur Salju, Sehat dan Mudah Diolah!ilustrasi anatomi otak (unsplash.com/Robina Weermeijer)

Dilansir Healthline, kandungan polisakarida di dalam jamur salju dapat meningkatkan kesehatan otak seperti melindungi saraf otak dari kerusakan serta mencegah penyakit degeneratif. Penyakit Alzheimer adalah salah satu contoh penyakit degeneratif yang memengaruhi daya ingat serta kemampuan berpikir. 

Sebuah penelitian yang dilakukan di Korea dan diterbitkan dalam jurnal Mycobiology tahun 2007 menemukan bahwa ekstrak Tremella fuciformis berpotensi sebagai senyawa untuk melindungi atau mencegah penyakit Alzheimer.  

Baca Juga: Makan Jamur Kurangi Risiko Depresi? Ini Penjelasannya!

3. Berpotensi untuk mengobati penyakit yang berkaitan dengan inflamasi

5 Potensi Manfaat Jamur Salju, Sehat dan Mudah Diolah!ilustrasi sakit perut (pexels.com/Sora Shimazaki )

Penyakit jantung dan reumatik adalah contoh umum dari penyakit yang berkaitan dengan inflamasi. Sebuah laporan ilmiah dalam jurnal Analytical Cellular Pathology tahun 2018 mendapati bahwa polisakarida dalam jamur salju putih berpotensi sebagai kandungan obat untuk mengobati penyakit yang berkaitan dengan inflamasi.

Tidak hanya itu saja, jamur salju juga berpotensi untuk dipakai dalam mengobati penyakit radang usus seperti penyakit Crohn dan kolitis ulseratif. Mengutip laporan dalam jurnal Frontiers in Immunology tahun 2021, tim peneliti mendapati bahwa tikus yang mempunyai gejala kolitis mengalami perbaikan setelah diberi ekstrak jamur Tremella fuciformis.

4. Mengontrol kadar gula darah

5 Potensi Manfaat Jamur Salju, Sehat dan Mudah Diolah!ilustrasi cek gula darah (pexels.com/Artem Podrez)

Seseorang dapat terkena diabetes apabila kadar gula darah di dalam tubuh tinggi, yaitu lebih dari 200 mg/dL. Sementara itu, nilai kadar gula darah yang berada pada kisaran 140 mg/dL-199mg/dL menandakan orang tersebut memiliki kondisi pradiabetes. Mengutip Mayo Clinic, penanganan diabetes dapat dilakukan dengan rutin berolahraga dan mengurangi makanan berlemak, karbohidrat sederhana (refined carbohydrate), dan gula.

Jamur salju dapat menjadi pilihan dalam perencanaan makanan untuk orang-orang dengan kondisi diabetes dan pradiabetes. Berdasarkan laporan dalam jurnal Fungal Diversity tahun 2012, jamur salju berpotensi sebagai bahan makanan yang dapat digunakan untuk mengontrol kadar gula darah.

5. Mengurangi kadar kolesterol jahat

5 Potensi Manfaat Jamur Salju, Sehat dan Mudah Diolah!ilustrasi kolesterol di dalam pembuluh darah (yourhealth.net.au)

Tingginya nilai low-density lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat di dalam tubuh dapat mengakibatkan serangan jantung dan stroke. Selain mengonsumsi obat penurun kolesterol, asupan makanan juga perlu diperhatikan. Salah satu alternatif bahan makanan yang aman dan baik untuk dikonsumsi adalah  jamur salju.

Menurut sebuah studi dalam jurnal PLOS tahun 2016, jamur Tremella fuciformis merupakan salah satu jamur selain Ganoderma lucidum yang mempunyai efek positif terhadap metabolisme lipid karena kandungan polisakarida di jamur salju. Ganoderma lucidum adalah jenis jamur yang banyak ditemukan di Meksiko.

Kandungan polisakarida dalam jamur salju membawa manfaat untuk kesehatan tubuh. Meskipun beberapa studi ilmiah masih terbatas karena menggunakan hewan percobaan seperti tikus, tetapi ini menjadi peluang bagi penelitian selanjutnya untuk mendalami lebih lanjut tentang manfaat jamur salju untuk kesehatan manusia.

Bicara tentang kesehatan tubuh, penting untuk memperhatikan pola makan sehari-hari agar terhindar dari penyakit diabetes dan kolesterol tinggi. Nah, jamur salju bisa kita sertakan ke dalam pola makan sehat bergizi seimbang harian.

Itulah beberapa manfaat jamur salju untuk kesehatan. Buat kalian yang punya riwayat kesehatan tertentu, sebaiknya konsultasikan ke dokter spesialis gizi dan dokter pribadi masing-masing untuk mendapatkan panduan mengenai pola makan yang sehat dan aman.

Baca Juga: 13 Fakta Medis Magic Mushroom, Jamur Penyebab Halusinasi yang Berisiko

MW S Photo Verified Writer MW S

"Less is More" Ludwig Mies Van der Rohe.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R F
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya