Comscore Tracker

Tanpa Disadari, 10 Hal di Sekitar Kita Ini Bisa Memicu Kanker

Jauhi selagi bisa!

Kanker adalah penyakit yang ditakuti dan dihindari oleh banyak orang. Menurut laporan yang dirilis oleh World Health Organization (WHO) di tahun 2018, kanker menyebabkan kematian pada 9,6 juta jiwa di seluruh dunia. Salah satu penyebab kanker adalah benda, makanan dan hal lain yang bersifat karsinogenik.

Sesuatu yang bersifat karsinogenik ada di sekitar kita tanpa disadari. Inilah hal-hal yang bersifat karsinogenik dan wajib kita hindari! Simak selengkapnya di bawah ini!

1. Rokok

Tanpa Disadari, 10 Hal di Sekitar Kita Ini Bisa Memicu Kankertime.com

Rokok banyak dikaitkan dengan masalah kesehatan dan risiko penyakit. Asap tembakau terdiri dari ribuan bahan kimia, termasuk 70 zat yang menyebabkan kanker, jelas laman American Cancer Society. Zat kimia penyebab kanker disebut sebagai karsinogen. Bahan kimia yang dimaksud antara lain nikotin, hidrogen sianida, formaldehida dan arsenik.

Selain itu, ada pula timbal, amonia, uranium, benzena, karbon monoksida, nitrosamin dan hidrokarbon aromatik polisiklik. Bukan hanya memicu kanker, rokok juga menyebabkan penyakit paru-paru, jantung, katarak, stroke dan lain sebagainya. Memang, melepaskan diri dari rokok itu sulit, namun tak ada salahnya untuk mencoba terlebih dahulu.

2. Sinar ultraviolet

Tanpa Disadari, 10 Hal di Sekitar Kita Ini Bisa Memicu Kankero2skin.vn

Kamu sering menghabiskan waktu di luar ruangan saat matahari sedang terik? Hati-hati, karena sinar ultraviolet yang dipancarkan oleh matahari bersifat karsinogenik, lho! Sinar matahari yang diserap oleh kulit bisa merusak sel-sel kulit dan menyebabkan kanker kulit, ungkap laman Web MD.

Sinar ultraviolet ini dibagi menjadi tiga jenis, yakni UVA, UVB dan UVC. Ketiganya dibedakan berdasarkan panjang gelombang matahari yang mencapai permukaan bumi. Sinar UVC adalah sinar dengan gelombang terpendek, sementara sinar UVA adalah sinar dengan gelombang terpanjang dan paling berbahaya. Untuk melindungi, kenakan pakaian yang menutupi permukaan kulit, pakai tabir surya, kenakan topi dan kacamata hitam.

3. Daging olahan

Tanpa Disadari, 10 Hal di Sekitar Kita Ini Bisa Memicu Kankerbusinesslive.co

Kamu doyan makan sosis, bacon, ham atau peperoni? Meski nikmat di lidah, tampaknya kamu harus mengurangi konsumsi daging olahan. WHO mengklasifikasikan daging olahan sebagai karsinogen grup 1 dan bisa menyebabkan kanker, terang laman Cancer Council. Wah, sayang sekali, ya!

Bahkan, makan lebih dari 700 gram daging merah dalam seminggu bisa meningkatkan risiko terkena kanker usus! Risiko terkena kanker usus akan naik sebanyak 1,18 kali setiap 50 gram daging olahan yang dikonsumsi setiap hari. Jika kamu masih menyayangi organ pencernaanmu, lebih baik kurangi konsumsi daging olahan, ya!

4. Gas buangan dari mesin kendaraan

Tanpa Disadari, 10 Hal di Sekitar Kita Ini Bisa Memicu Kankerttnews.com

Terkena gas buangan dari knalpot kendaraan memang menyebalkan. Apalagi, kendaraan yang menggunakan bahan bakar diesel seperti truk, bus dan beberapa mobil keluaran lawas. Ternyata, gas buangan atau jelaga dari knalpot mesin diesel bisa memicu kanker paru-paru dan jenis kanker lain, ujar laman Web MD.

Akan sulit menghindari gas buangan dari knalpot kendaraan, apalagi jika kamu adalah pengendara motor, sepeda atau pejalan kaki. Memakai masker sangat disarankan untuk meminimalkan gas terhirup ke paru-paru kita. Sementara, menurut International Agency for Research on Cancer (IARC), gas itu bisa menyebabkan kanker kandung kemih.

5. Makanan yang dibakar atau dipanggang

Tanpa Disadari, 10 Hal di Sekitar Kita Ini Bisa Memicu Kankerseriouseats.com

Kamu pencinta sate, ayam bakar dan sejenisnya? Yep, siapa sih yang bisa menolak kenikmatan dari makanan ini? Namun, makanan yang diproses dengan cara dibakar atau dipanggang memiliki sifat karsinogenik. Terlebih, kalau makanan itu overcooked sampai gosong. Risiko kanker pun siap menghantuimu!

Ini karena makanan tersebut diolah dengan suhu tinggi. Sementara, memasak makanan dengan temperatur tinggi akan menciptakan reaksi kimia antara asam amino, kreatin dan gula. Reaksi ini bisa menghasilkan karsinogen dan mutagen berbahaya yang bisa merusak DNA kita, ungkap laman Precision Nutrition.

Baca Juga: 8 Bahaya Rokok Elektrik atau Vape bagi Kesehatan, Apakah Karsinogenik?

6. Polusi udara

Tanpa Disadari, 10 Hal di Sekitar Kita Ini Bisa Memicu Kankernayapath.com

Beberapa kota memiliki kualitas udara yang buruk dan tercemar. Penyebabnya macam-macam, bisa dari gas buangan kendaraan, asap pabrik, asap kebakaran hutan, asap pembakaran sampah dan lain sebagainya. Bukan hanya memicu penyakit saluran pernapasan, polusi udara juga bersifat karsinogenik dan bisa memicu kanker, lho!

Udara yang tercemar mengandung debu dan jejak logam yang bisa menyebabkan kanker. Berdasarkan data dari International Agency for Research on Cancer (IARC) di tahun 2010, sekitar 223.000 kematian akibat kanker paru-paru di seluruh dunia berhubungan dengan polusi udara, jelas laman Scientific American. Jangan lupa lindungi diri dengan masker!

7. Alkohol

Tanpa Disadari, 10 Hal di Sekitar Kita Ini Bisa Memicu Kankerindependent.co.uk

Alkohol tidak hanya berkaitan dengan penyakit pada organ hati, tetapi juga berkaitan dengan kanker! Memiliki sifat karsinogenik, alkohol bisa menyebabkan beberapa jenis kanker seperti kanker payudara, hati dan kolorektal. Data dari laman Cancer Research UK menyebut bahwa minum alkohol bisa menyebabkan 11.900 kasus kanker di Inggris.

Menurut para ahli, ada bahan kimia karsinogenik yang ada dalam bir, anggur dan minuman keras, terlebih saat proses pembuatannya. Bukan berarti kamu tak bisa meminum alkohol sama sekali. Disarankan agar kita membatasi konsumsi alkohol untuk mencegah kanker. Perempuan tak boleh minum lebih dari 1 gelas dan laki-laki batasannya 2 gelas per hari.

8. Formaldehida

Tanpa Disadari, 10 Hal di Sekitar Kita Ini Bisa Memicu Kankeramazon.com

Formaldehida sering ditemukan di furnitur atau mebel, seperti meja, rak buku, tempat tidur, lemari dan produk berbahan kayu lainnya. Padahal, formaldehida bersifat karsinogenik dan bisa menyebabkan kanker. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada tikus di laboratorium, ditemukan bahwa menghirup formaldehida bisa memicu terbentuknya kanker hidung, terang laman National Cancer Institute.

9. Asbes

Tanpa Disadari, 10 Hal di Sekitar Kita Ini Bisa Memicu Kankerwyattscompensationlawyers.com

Rumahmu memakai asbes sebagai atap? Asbes memang lazim digunakan sebagai atap sebuah hunian.

Namun jika serat-serat asbes terlepas dan kita tak sengaja menghirupnya, serat-serat ini bisa bersarang di paru-paru. Selain itu, asbes juga bersifat karsinogenik dan bisa meningkatkan risiko terkena kanker, jelas laman Web MD.

10. Radon

Tanpa Disadari, 10 Hal di Sekitar Kita Ini Bisa Memicu Kankermhschaefer.com

Terakhir, kamu perlu menghindari radon, gas radioaktif yang tidak berwarna dan tidak berbau. Gas ini terbentuk secara alami dari pembusukan dan penghancuran unsur-unsur radioaktif, misalnya seperti uranium.

Namun, terpapar radon dalam waktu lama bisa merusak sel paru-paru dan menyebabkan kanker paru-paru. Hal ini diutarakan oleh laman American Cancer Society.

Nah, itulah 10 hal yang bersifat karsinogenik tanpa kamu sadari. Hindari hal-hal tersebut jika tak ingin terkena kanker, ya!

Baca Juga: Bisa Memicu Kanker, Ini Deretan Obat yang Mengandung Ranitidin

Topic:

  • Nena Zakiah
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You