Comscore Tracker

Sering Lapar Meski Sudah Makan? Kenali 10 Penyebabnya

Kurang minum air juga bisa memicu rasa lapar, lho!

Pernahkah kamu merasa tetap lapar padahal sebelumnya baru saja makan? Nah, walaupun terdengar sepele, tapi hal ini gak baik untuk dibiarkan, lho! Jika kamu mengikuti rasa lapar itu, otomatis kamu akan makan secara berlebihan dan tidak teratur. Apabila ini dibiarkan, maka  akan meningkatkan risiko obesitas atau peningkatan berat badan secara signifikan.

Rasa lapar memang diartikan sebagai tanda bahwa kamu membutuhkan makanan. Namun jika sering merasa lapar meski sudah makan bisa jadi disebabkan oleh beberapa faktor seperti asupan makanan, pola makan, dehidrasi, gaya hidup hingga kondisi medis tertentu. Jika kamu sering merasa lapar dan tidak bisa dikendalikan, penting untuk mengenali penyebabnya. Apa saja? Berikut ini 10 penyebab yang mungkin membuatmu sering merasa lapar meski sudah makan.

1. Kurang tidur

Sering Lapar Meski Sudah Makan? Kenali 10 Penyebabnyailustrasi pria mengantuk (unsplash.com/Sammy Williams)

Ternyata kekurangan tidur tidak hanya membuatmu merasa ngantuk dan lemas, tetapi kurang tidur juga dapat membuatmu sering merasa lapar, lho!

Web MD melansir bahwa jika kamu tidak cukup mendapat waktu istirahat, ini dapat mempengaruhi hormon dalam tubuh yang berfungsi mengontrol rasa lapar. Seseorang yang kurang tidur akan memiliki nafsu makan yang lebih besar dan lebih sulit untuk merasa kenyang. Kamu juga cenderung menginginkan makanan dengan kandungan lemak yang tinggi dan berkalori tinggi saat merasa lelah, dilansir laman Healthline.

Nah, makadari itu sangat penting untuk kamu mendapatkan tidur yang cukup selama 8 jam setiap malam. Sehingga rasa lapar dapat terkendali dan kamu gak sering merasa lapar setelah makan.

2. Kurang minum air

Sering Lapar Meski Sudah Makan? Kenali 10 Penyebabnyailustrasi wanita minum air (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Jika kamu sering merasa lapar setelah makan, bisa jadi itu karena rasa haus yang sering disalah artikan menjadi rasa lapar, nih.

Dilansir Healthline dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada 14 orang yang minum 2 gelas air sebelum makan, mereka makan hampir 600 kalori lebih sedikit daripada mereka yang tidak minum air putih.

Dengan minum air yang cukup dapat membuatmu merasa lebih kenyang. Jika kamu sering merasa lapar sesudah makan, bisa jadi kamu mengalami dehidrasi. Jadi, setelah makan pastikan kamu sudah minum segelas air putih untuk mengurangi rasa lapar akibat haus.

3. Kurang mengonsumsi serat

Sering Lapar Meski Sudah Makan? Kenali 10 Penyebabnyailustrasi buah alpukat (pexels.com/Daria Shvetsova)

Dengan mengonsumsi banyak makanan berserat tinggi dapat membantumu mengendalikan rasa lapar. Makanan berserat tinggi akan memperlambat laju pengosongan lambung dan membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna daripada makanan yang rendah serat. Selain itu, asupan serat yang tinggi juga mempengaruhi pelepasan hormon penurun nafsu makan dan produksi asam lemak rantai pendek, ini telah terbukti memiliki efek meningkatkan rasa kenyang, dilansir laman Healthline.

Jika kamu merasa sering lapar sesudah makan, bisa jadi kamu kurang mengonsumsi serat, nih. Beberapa makanan yang  mengandung serat tinggi seperti buah pisang apel, alpukat, pir, umbi-umbian dan sayuran.

4. Stres berlebihan

Sering Lapar Meski Sudah Makan? Kenali 10 Penyebabnyailustrasi wanita pusing (pexels.com/Karolina Grabowska)

Healthline melansir bahwa stres dapat meningkatkan rasa lapar. Hal ini disebabkan oleh  adanya peningkatan kadar kortisol, hormon yang terbukti dapat meningkatkan rasa lapar.

Adapun dalam sebuah Studi lain yang membandingkan kebiasaan makan 350 gadis muda.  Mereka yang mengalami stres secara berlebihan akan lebih mungkin untuk makan lebih banyak daripada mereka yang memiliki tingkat stres yang lebih rendah. Para gadis tersebut juga melaporkan mengonsumsi asupan makanan ringan tidak sehat yang seperti keripik dan kue kering ketika mengalami stres.

Mengalami stres secara berlebihan nyatanya memang dapat menganggu kesehatan fisik dan mental. Oleh karena itu sangat penting bagi kamu mengelola stres salah satunya dengan berolahraga secara rutin dan melakukan hobi yang kamu suka.

5. Kurang asupan protein

Sering Lapar Meski Sudah Makan? Kenali 10 Penyebabnyailustrasi wanita makan (unsplash.com/Travis Yewell)

Selain kurang asupan serat, ternyata kurang mengonsumsi asupan protein juga dapat membuatmu sering merasa lapar sesudah makan, lho!

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada 14 pria dengan kelebihan berat badan, mereka mengonsumsi 25% kalori dari protein selama 12 minggu mengalami penurunan 50% dalam keinginan untuk ngemil ketika larut malam jika dibandingkan dengan kelompok yang mengonsumsi protein lebih sedikit, dilansir Healthline.

Inilah mengapa protein sangat penting dalam meningkatkan rasa kenyang. Jika asupan proteinmu belum terpenuhi otomatis kamu tetap merasa lapar setelah makan. Beberapa jenis makanan yang mengandung protein bisa kamu temukan pada daging, ikan, susu, yogurt dan kacang-kacangan.

Baca Juga: 5 Tips Hidup Sehat ala Anak Kos, Makan dan Pola Aktivitas yang Tepat!

6. Diet rendah kalori

Sering Lapar Meski Sudah Makan? Kenali 10 Penyebabnyailustrasi ukuran pinggang (unsplash.com/Bill Oxford)

Bagi kamu yang sedang melakukan diet rendah kalori, bisa jadi akan lebih sering merasa lapar, nih. Hal ini dikarenakan ketika kamu mengonsumsi kalori dalam jumlah sedikit akan memicu tubuh memproduksi hormon grhelin.

Medical News Today melansir bahwa beberapa orang menyebut ghrelin sebagai “hormon lapar”, ini karena perut melepaskannya saat tubuh membutuhkan lebih banyak makanan.

7. Makan terlalu cepat

Sering Lapar Meski Sudah Makan? Kenali 10 Penyebabnyailustrasi wanita makan (pexels.com/Tim Samuel)

Dilansir Web MD, bahwa orang yang makan terlalu cepat mengakibatkan mereka terlalu  banyak mengonsumsi kalori sebelum menyadari bahwa mereka sudah cukup makan. Diperlukan waktu sekitar 20 menit sejak kamu mulai mengonsumsi makan agar otak dapat mengirimkan sinyal kenyang ke tubuhmu.

Itulah mengapa makan terlalu cepat dapat memicu seseorang untuk makan secara berlebihan. Jadi untuk menghindari rasa lapar yang berlebihan, makan lebih lambat atau secara perlahan lebih baik untuk dilakukan agar memberikan rasa kenyang yang lebih lama. 

8. Mengonsumsi karbohidrat olahan berlebihan

Sering Lapar Meski Sudah Makan? Kenali 10 Penyebabnyailustrasi pasta (pexels.com/Engin Akyurt)

Dilansir Healthline bahwa karbohidrat olahan dapat memicu rasa lapar berlebihan karena kekurangan serat, sehingga tubuhmu mencernanya dengan sangat cepat. Inilah alasan utama mengapa kamu mungkin merasa sering lapar jika mengonsumsi karbohidrat olahan.

Sumber karbohidrat olahan yang paling sering dikonsumsi dalam sehari-hari seperti olahan tepung putih, kue kering, roti, mie dan pasta. Diketahui makanan dari karbohidrat olahan tersebut tidak mengandung serat, vitamin dan mineral sehingga membuatmu cepat merasa lapar setelah mengonsumsinya.

9. Diabetes

Sering Lapar Meski Sudah Makan? Kenali 10 Penyebabnyailustrasi cek diabetes (pexels.com/PhotoMIX Company)

Selain karena faktor asupan makanan yang kamu konsumsi, merasa lapar secara terus-menerus dalam kondisi medis tertentu bisa menjadi gejala diabtes tipe 2.

Dilansir Medical News Today, bahwa diabetes menyebabkan glukosa tetap berada di dalam darah alih-alih masuk ke sel, yang menggunakan glukosa sebagai sumber energi.  Hal inilah yang memicu seseorang merasa lelah dan lapar.

Adapun gejala lain dari diabetes tipe 2 yaitu rasa haus yang meningkat, buang air berlebihan, luka yang sulit sembuh dan penurunan berat badan secara drastis. Jika terjadi gejala-gejala tersebut lebih baik segera periksakan ke dokter untuk mendiagnosis diabetes dengan tes darah sederhana. 

10. Mengonsumsi obat tertentu

Sering Lapar Meski Sudah Makan? Kenali 10 Penyebabnyailustrasi obat-obatan (unsplash.com/Laurynas Mereckas)

Penyebab sering merasa lapar sesudah makan ternyata juga bisa terjadi akibat efek dari beberapa obat tertentu, lho!

Dilansir Medical News Today bahwa beberapa obat juga dapat mempengaruhi metabolisme tubuh dan memicu rasa lapar. Mengonsumsi beberapa obat seperti antidepresan, antipsikotik, dan kortikosteroid tertentu bisa menyebabkan seseorang merasa lebih lapar dari biasanya.

Well, itulah tadi beberapa penyebab yang bisa  membuatmu merasa lapar meski sudah makan. Jadi rasa lapar yang sering kamu alami setelah makan bisa menjadi tanda bahwa kamu membutuhkan asupan protein dan serat yang cukup. Selain itu makan lebih perlahan juga dapat membantumu merasa lebih kenyang.

Namun jika penyebabnya adalah kondisi medis seperti diabetes atau obat-obatan tertentu, segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Intinya menerapkan pola makan dan gaya hidup yang sehat adalah poin yang paling penting.

Baca Juga: 6 Pola Makan yang Bisa Memengaruhi Dorongan Seks, Penasaran?

Vera Yunii Photo Verified Writer Vera Yunii

Senang menulis untuk berbagi informasi :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya